Ini 10 Kandidat yang Diprediksi Jadi Cawapres Jokowi

Selain TGB, siapa lagi ya?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengklaim telah mengantongi nama-nama calon pendampingnya dalam Pilpres 2019 mendatang. Hal ini diketahui dari keterangan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy atau yang akrab disapa Romi.

"Nama-nama tersebut pada saatnya akan kami bahas dan duduk bersama, meskipun akhir-akhir ini ketua umum partai diminta untuk melakukan penilaian terhadap nama-nama itu," kata Romi di Kantor DPP PPP, Menteng, Jakarta, Senin (9/7).

Menurutnya, saat ini para koalisi partai sedang meminta masukan dari beberapa pihak termasuk para ulama tentang ke-10 nama tersebut. "Kami masih terus mencermati nama-nama tersebut," lanjutnya.

Namun Romi enggan menyebutkan 10 nama tersebut. Akibatnya publik pun menebak-nebak siapa saja yang masuk radar Jokowi untuk mendampinginya di Pilpres 2019. Nah, berdasarkan berbagai pernyataan dan isu yang beredar, berikut ke-10 nama yang diduga bakal menjadi pendamping Jokowi.

1. Airlangga Hartarto

Ini 10 Kandidat yang Diprediksi Jadi Cawapres JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Airlangga Hartarto adalah Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar). Namanya juga sempat disebut sebagai salah satu kandidat pendamping Jokowi. Airlangga juga sering terlihat berkunjung menemui para ketua umum partai untuk melancarkan dukungan partai kepada Jokowi di Pilpres mendatang.

2. Muhaimin Iskandar

Ini 10 Kandidat yang Diprediksi Jadi Cawapres JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Muhaimin Iskandar atau yang sering dikenal sebagai Cak Imin ini tentunya sudah banyak yang mengetahui. Setiap pernyataannya yang menunjukkan rasa percaya diri bisa menjadi pasangan Jokowi, membuat semua orang mudah mengenalinya. Apalagi, Cak Imin bahkan telah mendirikan ribuan posko JOIN (Jokowi-Imin) sebagai bentu dukungannya kepada Jokowi.

3. Muhammad Romahurmuziy

Ini 10 Kandidat yang Diprediksi Jadi Cawapres JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Mungkin dari semua ketua umum partai politik yang digadang menjadi kandidat Jokowi, hanya Romahurmuziy yang tidak terlalu menunjukkannya. Politisi yang akrab disapa Romi ini selalu merendahkan hati ketika dia diminta tanggapan menjadi kandidat cawapres Jokowi. Di beberapa agenda PPP atau pun Jokowi, Romi juga sering terlihat akrab saat jalan bersama Jokowi.

4. Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB)

Ini 10 Kandidat yang Diprediksi Jadi Cawapres JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selanjutnya, sosok yang satu ini tengah menghebohkan dunia politik. Apalagk Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) mulai memberikan pernyataan bahwa dia mendukung Jokowi dua periode. Meski sikapnya sempat menuai kritik di internal Demokrat karena dianggap mendahului keputusan partai, namun TGB rupanya menjadi salah satu kandidat cawapres dari Jokowi.

5. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Ini 10 Kandidat yang Diprediksi Jadi Cawapres JokowiInstagram @agusyudhono

Siapa yang tak kenal dengan sosok tampan yang satu ini? Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi salah satu politis yang banyak diperbincangkan akhir-akhir. Meski baru-baru ini dikabarkan telah 'dipinang' oleh Prabowo untuk mendampingi di Pilpres 2019, namun nama AHY juga tidak lepas dari kandidat cawapres Jokowi.

6. Moeldoko

Ini 10 Kandidat yang Diprediksi Jadi Cawapres JokowiIDN Times/Helmi Shemi

Kepala Staf Kepresiden Moeldoko juga sempat dikabarkan masuk ke dalam bursa cawapres Jokowi. Apalagi saat para relawan mulai menarik namanya untuk didukung menjadi cawapres Jokowi.

7. Mahfud MD

Ini 10 Kandidat yang Diprediksi Jadi Cawapres JokowiIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD akhir-akhir ini namanya juga sempat sering menjadi perbincangan. Mahfud digadang menjadi kandidat cawapres untuk Jokowi. Meski begitu, Mahfud pun mengaku tidak pernah tahu menahu bahwa namanya menjadi salah satu kandidat pendamping sang petahana.

8. Anies Baswedan

Ini 10 Kandidat yang Diprediksi Jadi Cawapres JokowiInstagram @aniesbaswedan

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga sedang ramai diperbincangkan. Sebelumnya, Anies sempat digadang akan menjadi cawapres di koalisi Prabowo. Namun, rupanya bukan hanya koalisi Prabowo yang tertarik, koalisi di kubu Jokowi juga disebut melirik Anies untuk menjadi cawapres Jokowi.

9. Tito Karnavian

Ini 10 Kandidat yang Diprediksi Jadi Cawapres JokowiIDN Times/Vanny El Rahman

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian namanya juga tak luput dari kandidat cawapres Jokowi. Sebelumnya, nama Tito juga masuk ke dalam bursa pendamping Jokowi.

10. Susi Pudjiastuti

Ini 10 Kandidat yang Diprediksi Jadi Cawapres JokowiTwitter/@kkpgoid

Siapa yang tak kenal dengan menteri kabinet kerja yang satu ini. Sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti sudah membuat kagum masyarakat karena telah berhasil menenggelamkan banyak kapal asing di perairan Indonesia. Selain itu, nama Susi juga sempat muncul untuk menjadi cawapres dari Jokowi.

Baca Juga: Curhat Politikus PKS soal Kandidat Capres-Cawapres yang 'Melempem'

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya