Ini Alasan Jokowi Akan Umumkan Ibu Kota Baru Hari Ini

Kenapa alasannya?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan mengumumkan lokasi ibu kota baru hari ini, Senin (26/8). Sebelumnya, Jokowi di Sidang Tahun MPR RI hanya menyampaikan bahwa ibu kota akan dipindahkan ke Kalimantan.

Lalu, apa alasan Jokowi mengumumkan ibu kota negara pada hari ini?

1. Jokowi memang akan umumkan ibu kota pada akhir Agustus

Ini Alasan Jokowi Akan Umumkan Ibu Kota Baru Hari IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan, Eko Sulistyo, mengatakan bahwa pengumuman ibu kota hari ini tidak berkaitan dengan pernyataan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil. Menurutnya, adapun pengumuman hari ini karena Jokowi sebelumnya menyebut ibu kota baru akan diumumkan akhir Agustus.

"Pengumuman hari ini karena Presiden sendiri sebelumnya sudah menyatakan akan mengumumkannya paling lambat akhir Agustus, sembari menunggu satu dua kajian lagi rampung," kata Eko saat dihubungi IDN Times, Senin (26/8).

Baca Juga: Jatamnas: Pemindahan Ibu Kota Negara Bisa Jadi Pintu Masuk Mafia Lahan

2. Pengumuman hari ini sesuai dengan jadwal

Ini Alasan Jokowi Akan Umumkan Ibu Kota Baru Hari IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Oleh karena itu, lanjut dia, momen Jokowi mengumumkan ibu kota baru Indonesia karena memang sudah sesuai jadwal. Sehingga, tambah dia, lokasi detail ibu kota baru memang sudah siap diumumkan ke publik.

"Artinya pengumuman hari ini memang sesuai schedule yang pernah Presiden sendiri sampaikan ke publik," ucap Eko.

3. Jokowi umumkan ibu kota baru hari ini

Ini Alasan Jokowi Akan Umumkan Ibu Kota Baru Hari IniANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden yang berjudul "Upcoming LivePresiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru", disebutkan bahwa Jokowi pada hari ini akan umumkan lokasi ibu kota yang baru.

Pada akhir video berdurasi satu menit itu, disampaikan bahwa pengumuman ibu kota baru akan disiarkan secara langsung hari ini oleh akun Sekretariat Presiden.

4. Jokowi minta izin di hadapan anggota parlemen akan pindahkan ibu kota ke Kalimantan

Ini Alasan Jokowi Akan Umumkan Ibu Kota Baru Hari IniANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Diketahui, dalam Sidang Tahunan MPR RI, Jokowi memang belum secara spesifik menyampaikan lokasi ibu kota baru. Ia hanya mengatakan bahwa ibu kota baru akan dipindahkan ke Kalimantan.

"Dengan memohon rida Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak, Ibu, Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Hari Ini

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya