Ini Alasan Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional pada Usmar Ismail

Jokowi minta perjuangan Usmar Ismail dilanjutkan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengungkapkan alasannya memberikan gelar Pahlawan Nasional pada Usmar Ismail hari ini. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri acara Festival Film Indonesia (FFI) 2021.

"Enam puluh enam tahun yang lalu Bapak Haji Usmar Ismail dan Bapak Jamaludin Malik memprakarsai penyelenggaraan Festival Film Indonesia sebagai perayaan dan apresiasi tertinggi bagi industri perfilman Indonesia," ujar Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Festival Film Indonesia, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Profil Usmar Ismail yang Akan Diberi Gelar Pahlawan Nasional

1. Jokowi beri gelar Pahlawan Nasional sebagai wujud penghargaan pada pejuang kebudayaan

Ini Alasan Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional pada Usmar IsmailPresiden Jokowi hadir di Festival Film Indonesia 2021 (YouTube/Festival Film Indonesia)

Jokowi memutuskan untuk memberikan gelar Pahlawan Nasional pada Usmar Ismail sebagai pelopor FFI dan perfilman Indonesia.

"Pagi tadi, sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk para pejuang kebudayaan, atas nama bangsa dan negara, saya menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Bapak Haji Usmar Ismail, Bapak perfilman Indonesia. Baru tadi pagi," ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Puji Film Indonesia: Sudut Pandang Ceritanya Tak Terpikirkan!

2. Jokowi minta semangat Usmar Ismail dilanjutkan dengan karya-karya terbaik

Ini Alasan Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional pada Usmar IsmailPresiden Jokowi hadir di Festival Film Indonesia 2021 (YouTube/Festival Film Indonesia)

Terlepas dari itu, mantan Wali Kota Solo ini meminta agar semangat perjuangan para pahlawan dan pejuang kebudayaan unruk terus dijaga. Ia meminta insan perfilman terus memberikan karya-karya terbaiknya.

"Para pejuangan kebudayaan, dan Bapak Perfilman Indonesia harus terus kita jaga dengan menciptakan karya-karya berkualitas yang menunjukkan keunggulan dan karakter jati diri kita. Sebagai bangsa dengan kekayaan budaya yang tidak tertandingi," tutur Jokowi.

Baca Juga: Millennials Harus Nonton 7 Karya Usmar Ismail Sang Bapak Perfilman

3. Jokowi beri gelar Pahlawan Nasional pada 4 tokoh hari ini

Ini Alasan Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional pada Usmar IsmailPenerima Gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan RI. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Hari ini, Presiden Jokowi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada empat tokoh. Upacara penganugerahan gelar Pahlawan Nasional ini dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021).

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 109/TK/2021 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa.

Presiden Jokowi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional masing-masing kepada empat tokoh pahlawan. Selain itu, Jokowi juga beri penghargaan Bintang Jasa kepada 300 tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan COVID-19.

Berikut nama empat tokoh yang diberikan gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi:

1. Almarhum Tombolotutu, tokoh dari Provinsi Sulawesi Tengah

2. Almarhum Sultan Aji Muhammad Idris, tokoh dari Provinsi Kalimantan Timur

3. Almarhum Haji Usmar Ismail, tokoh dari Provinsi DKI Jakarta

4. Almarhum Raden Aria Wangsakara, tokoh dari Provinsi Banten

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya