Ini Alasan Kemendagri Pilih Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar

Tokoh-tokoh di Jabar banyak mendukung Iriawan

Jakarta, IDN Times - Mantan Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Muhammad Iriawan akhirnya resmi dilantik sebagai Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat setelah menjadi polemik. Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono pun memberikan penjelasan tentang pertimbangan memilihi Iriawan.

Sumarsono mengungkapkan salah satu alasan pertimbangan memilih Iriawan adalah kompentensi yang ia miliki. Tak hanya itu, ia juga menyatakan banyak tokoh di Jawa Barat yang memilih Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar.

1. Tokoh-tokoh di Jawa Barat banyak mendukung Iriawan

Ini Alasan Kemendagri Pilih Iriawan sebagai Pj Gubernur JabarANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Sumarsono mengatakan, pemilihan Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat tentunya tidak hanya asal memilih. Semuanya melalui proses diskusi dan masukan. Beberapa masukan tokoh di Jabar juga menjadi pertimbangan Kemendagri untuk memilih Iriawan.

"Masukan tokoh-tokoh Jawa Barat itu banyak yang memberikan dukungan penuh, juga yang kemudian tidak memberikan itu ada. Jadi masukan itu banyak sekali. Sebuah proses mengambil keputusan," ujar Sumarsono di Gedung Kemendagri, Jakarta, Kamis (21/6).

2. Kompetensi menjadi pertimbangan lain Kemendagri

Ini Alasan Kemendagri Pilih Iriawan sebagai Pj Gubernur JabarANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Selain mendapatkan banyak suara dari tokoh-tokoh di Jawa Barat, Sumarsono pun menerangkan bahwa Iriawan sebagai putra asli Jawa Barat menjadi pertimbangan lainnya. Apalagi, Iriawan pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat, sehingga dirinya dianggap telah mengenal Jawa Barat.

"Ya jelas Pak Iriawan yang pertama, dia memang menguasai persoalan Jawa Barat atau pun alasannya adalah putra jabar. Karena dia orang Sunda dan Jawa Barat asli, sehingga tahu seluk beluk Jawa Barat ," jelas dia.

Ia pun menuturkan bahwa selama Iriawan menjabat sebagai Kapolda, pasti ia telah mengenal banyak dan berhubungan pemerintahan. Hal tersebut juga yang menjadi pertimbangan lain.

"Namanya Kapolda itu berhubungan dengan pemerintahan, pasti juga memahami. Jadi kompetensi lah yang membuat beliau kemudian menjadi pertimbangan," ucap Sumarsono.

3. Kemendagri jamin Iriawan akan netral

Ini Alasan Kemendagri Pilih Iriawan sebagai Pj Gubernur JabarANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Lebih lanjut, Sumarsono pun menjamin jika Iriawan tetap bisa menjaga netralitas dalam Pilkada Jawa Barat. Ia pun meminta publik untuk membuang kecurigaan terhadap pemilihan Iriawan sebagai Pj Gubernu Jawa Barat.

"Kami yakin bahwa Pak Iriawan bisa netral. Dan kecurigaan-kecurigaan terhadap Iriawan dengan komitnen kemendagri, seluruh penjabat gubernur yang ditetapkan harus bisa menjaga jarak dengan semua paslon. Saya kira kita lihat apakah nanti di lapangan kita pantau dan awasi bersama," jelas Sumarsono.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya