Comscore Tracker

Ini Kegiatan Edhy Prabowo di Hawaii Sebelum Ditangkap KPK 

Ngabalin sebut Edhy Prabowo sangat kooperatif saat ditangkap

Jakarta, IDN Times - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menceritakan kegiatan rombongan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat berada di Amerika Serikat, termasuk di Hawaii. Ali Ngabalin sendiri ikut dalam rombongan tersebut.

"Ini lobi yang dilakukan oleh Pak Edhy ini kan membuka ruang komunikasi internasional. Kemudian mengkomunikasikan itu dengan para konsul jenderal kita di Los Angeles, di San Fransico, di Hawaii," ujar Ngabalin kepada wartawan, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: Ali Ngabalin dan 11 Orang Ikut Rombongan Edhy Prabowo ke Hawaii

1. Edhy berkunjung ke acara Oceanic Institute di Hawaii

Ini Kegiatan Edhy Prabowo di Hawaii Sebelum Ditangkap KPK Edhy Prabowo melihat-lihat udang di tambak daerah Kuala Secapah, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Instagram.com/edhy.prabowo)

Ngabalin bercerita bahwa kegiatannya bersama Edhy di Hawaii merupakan program yang bagus. Dia menuturkan, keberangkatan Edhy ke AS dalam rangka tugasnya sebagai menteri untuk mengunjungi acara Oceanic Institute di Hawaii.

"Kan Hawaii pusat dunia induk udang fanam yang luar biasa. Indonesia kan luar biasa sekali, belum dikelola dengan baik. Jadi langkah-langkah yang dilakukan pak Edhy luar biasa," ujar Ngabalin.

Oceanic Institute (OI) berada di Honolulu, negara bagian Hawaii. OI adalah organisasi penelitian dan pengembangan nirlaba yang fokus pada produksi induk udang unggul, budidaya laut, bioteknologi, dan pengelolaan sumber daya pesisir secara berkelanjutan. Lembaga ini afiliasi dari Hawai'i Pacific University (HPU) sejak 2003.

2. Ali Ngabalin sebut Edhy sangat kooperatif saat ditangkap KPK

Ini Kegiatan Edhy Prabowo di Hawaii Sebelum Ditangkap KPK (Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Ali Mochtar Ngabalin) ANTARA FOTO/Hanni Sofia

Setelah melakukan kegiatan di Hawaii, Ali Ngabalin bersama rombongan Edhy akhirnya kembali ke Indonesia. Saat tiba di bandara, KPK pun mulai datang dan menangkap Edhy. Ali Ngabalin juga mengatakan bahwa ia berpisah dengan mantan anggota DPR itu saat di bandara dan langsung pulang ke kediamannya.

Meski begitu, Ali Ngabalin yang melihat langsung penangkapan Edhy menuturkan, politikus Partai Gerindra itu sangat kooperatif.

"Pak Edhy juga bagus. Pak Edhy juga sangat kooperatif. Kemudian juga menunggu. Teman-teman KPK juga melaksanakan tugas dengan baik. Enaklah tadi," ujar dia.

3. Menteri Edhy Prabowo ditangkap KPK, diduga terkait ekspor benih lobster

Ini Kegiatan Edhy Prabowo di Hawaii Sebelum Ditangkap KPK Menteri KKP, Edhy Prabowo (ANTARA FOTO/Mentari Dwi Gayati)

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap KPK pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Penangkapan Edhy tersebut diduga terkait izin ekspor benih lobster.

“Yang bersangkutan diduga terlibat korupsi dalam penetapan izin ekspor baby lobster,” kata Ketua KPK Firli Bahuri saat dikonfirmasi, Rabu.

Saat ini, kata Firli, Edhy sedang dimintai keterangan lebih lanjut oleh penyidik KPK. Nantinya, komisi Antirasuah tersebut akan mengumumkan hasil penangkapan itu ke publik.

“Nanti akan disampaikan penjelasan resmi KPK. Mohon kita beri waktu tim kedeputian penindakan bekerja dulu,” tutur Firli.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, selain Edhy pihaknya juga menangkap sejumlah orang.

"Banyak (yang ditangkap), ada beberapa, baik keluarga dan juga orang di KKP," kata Ghufron kepada IDN Times.

Berdasarkan informasi dari internal KPK yang enggan disebutkan namanya, Istri Edhy, Iis Rosita Dewi, turut ditangkap.

"Begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Edhy beserta istri dan beberapa rombongan yang ikut ke Amerika langsung ditangkap KPK dan dibawa ke gedung KPK," katanya kepada IDN Times.

Sumber IDN Times melanjutkan, saat ditangkap ada Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin di dalam pesawat yang ditumpangi Edhy.

"Ali Mochtar Ngabalin yang ada di pesawat yang sama dengan Edhy juga sempat berbicang dengan penyidik yang nangkap Edhy. Sesampai di KPK, langsung diperiksa. Di dalam gedung KPK sendiri terlihat ada Novel Baswedan, penyidik senior KPK salah satu yang memimpin kegiatan itu," ungkapnya.

Baca Juga: Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Begini Reaksi Presiden Jokowi

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya