Ini Kriteria Partai yang Ingin Koalisi dengan Demokrat

AHY beberkan alasan Demokrat belum putuskan sikap politik

Jakarta, IDN Times - Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan orasi politiknya di Jakarta Convention Center (JCC), pada Sabtu (9/6).

Dalam orasinya, putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susiso Bambang Yudhoyono (SBY) itu, sempat menyinggung tentang langkah politik Demokrat jelang Pilpres 2019.

1. Porsi pemberitaan Pilpres 2019 lebih besar ketimbang persoalan yang dihadapi rakyat

Ini Kriteria Partai yang Ingin Koalisi dengan Demokrat   IDN Times/Teatrika Handiko Putri

AHY mengatakan pemberitaan Pilpres 2019 saat ini lebih besar dibandingkan dengan pemberitaan terkait persoalan-persoalan aktual yang dihadapi rakyat.

"Fokus pemberitaan tentang capres-cawapres ini sangat menyita perhatian publik dari berbagai kalangan. Mulai dari obrolan di warung-warung kopi, pengajian, arisan, sampai dengan di kampus-kampus," kata AHY di JCC, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6).

2. Demokrat belum menentukan langkah politik

Ini Kriteria Partai yang Ingin Koalisi dengan Demokrat   IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut AHY, Pilpres 2019 menjadi hal penting salam menentukan masa depan bangsa lima tahun mendatang. Tetapi kesuksesan penyelenggaraan Pilpres 2019 akan ditentukam stabilitas politik, sosial, keamanan, dan ekonomi saat ini.

"Itulah mengapa, paling tidak, sampai dengan hari ini, Partai Demokrat, belum menentukan, dengan siapa akan bekerja sama atau berkoalisi," ungkap suami Annisa Pohan itu.

Karena itu, AHY mengatakan, Demokrat memahami bahwa masih ada hal yang lebih mendesak dari sekedar lobi-lobi politik untuk bagi-bagi kekuasaan.

3. Demokrat mencari koalisi yang sesuai visi dan misi partai

Ini Kriteria Partai yang Ingin Koalisi dengan Demokrat   IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Nanti pada saatnya, kata AHY, Demokrat akan menentukan langkah politik untuk Pilpres 2019. Partainya akan mencari koalisi yang sesuai dengan visi dan misi partainya.

"Pada saatnya Partai Demokrat akan menentukan koalisi dengan kelompok yang memiliki kesamaan visi dan misi," ucap dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya