Comscore Tracker

Ini Pesan Jokowi di Hari Ulang Tahun PDIP yang Ke-46  

Harus berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah

Jakarta, IDN Times - Merayakan hari ulang tahun yang ke-46, PDIP mengundang beberapa pejabat negara untuk turun hadir. Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang juga hadir dalam perayaan tersebut, diberi kesempatan untuk menyampaikan sambutan.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa generasi penerus Bung Karno harus selalu menjaga keutuhan negara dan berjuang untuk memajukan Indonesia ke depannya.

1. Para pejuang Indonesia adalah teladan bagi rakyat

Ini Pesan Jokowi di Hari Ulang Tahun PDIP yang Ke-46  Dok. IDN Times/PDIP

Jokowi mengungkapkan, semua pahlawan dan pendiri bangsa, termasuk Soekarno adalah kusuma bangsa. Ia mengatakan bahwa pejuang Indonesia merupakan teladan terbaik.

"Yang merelakan hidup dan mati untuk kemerdekaan, untuk kejayaan Indonesia. 73 tahun Indonesia merdeka, sudah banyak capaian, kemajuan. Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk melanjutkan perjuangan," ujar Jokowi di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (10/1).

Baca Juga: Jokowi: PDIP Bersyukur Miliki Megawati

2. Indonesia harus optimistis agar menjadi negara maju

Ini Pesan Jokowi di Hari Ulang Tahun PDIP yang Ke-46  Dok. PDIP

Jokowi menambahkan, Indonesia ke depannya harus optimistis agar bisa menjadi negara maju. Ia kemudian berpesan bahwa aset paling berharga bagi Indonesia yakni persatuan, persaudaraan, dan kerukunan.

"Oleh sebab itu, kita tidak boleh berhenti bergerak. Kita harus bergotong-royong memperkuat persatuan kita. Kita harus bergotong-royong membumikan Pancasila, untuk bergerak bersama menjadikan Indonesia adil, makmur, sejahtera," ungkapnya.

3. Jokowi: Indonesia harus duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan bangsa lain

Ini Pesan Jokowi di Hari Ulang Tahun PDIP yang Ke-46  Dok. PDIP

Kemudian, Jokowi menegaskan, Indonesia harus bersama-sama menjaga martabat negara. Hal itu penting agar Indonesia bisa setara dengan negara maju lainnya.

"Kita semuanya harus bersama-sama mewujudkan Indonesia berdikari, berkepribadian, bermartabat di dunia yang duduk sama rendah, berdiri sama tinggi dengan bangsa lain," jelas dia.

Baca Juga: Jokowi Akan Beri Sambutan di Ulang Tahun ke-46 PDIP Hari Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You