Ini Strategi Jokowi Menjaga Diplomasi dengan Negara Lain

Indonesia dipercaya mengatasi konflik negara lain

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, mengungkapkan strateginya untuk menjaga diplomasi dengan negara lain. Menurut Jokowi, modalnya adalah dengan mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia.

"Oleh sebab itu, di dalam forum-forum internasional selalu saya sampaikan di awal bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, karena banyak negara lain yang belum tahu," ucap Jokowi.

Jokowi menjelaskan, Indonesia saat ini telah mendapatkan kepercayaan dari internasional untuk menyelesaikan beberapa konflik. Salah satunya yakni konflik di Afghanistan.

"Di Afghanistan kita juga diberikan kepercayaan untuk ikut merukunkan, mendamaikan dari faksi-faksi yang berkonflik di sana. Juga yang menjadi kekuatan, karena kita tidak memiliki kepentingan apa pun, baik di Afghanistan dan negara-negara lain," ungkapnya.

Jokowi melanjutkan kekuatan Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia bisa menjadi modal besar bagi diplomasi dengan negara lain.

"Bisa kita jadikan sebagai modal besar bagi kita berdiplomasi dengan negara-negara lain, termasuk juga saat menawarkan produk-produk dalam perdagangan dengan luar negeri," jelas dia.

Baca Juga: Jokowi: Pak Prabowo Tidak Percaya pada TNI Kita

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya