Sah, Utut Adianto Jadi Wakil Ketua DPR

Kini pimpinan DPR menjadi enam orang

Jakarta, IDN Times - Hari yang dinanti-nantikan Utut Adianto pun tiba. Waktu telah menunjukkan pukul 14.30 WIB. Satu per satu anggota DPR mulai memasuki ruang sidang paripurna.

Tak selang beberapa lama, pimpinan DPR satu per satu menempati kursi-kursi pimpinan yang berada di hadapan anggota DPR. Mengenakan stelan jas, pimpinan satu persatu memasuki ruang paripurna. Mulai dari Ketua DPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Agus Hermanto, Fahri Hamzah, hingga Taufik Kurniawan.

Puluhan tamu-tamu undangan pun hadir menyaksikan pelantikan Utut Adianto sebagai pimpinan DPR. Di antaranya Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (PMK) Puan Maharani.

1. Kursi DPR banyak yang kosong seperti sidang paripurna biasanya

Sah, Utut Adianto Jadi Wakil Ketua DPRIDN Times/Teatrika Putri

Meski dalam nuansa pelantikan Wakil Ketua DPR Utut Adianto, namun sejumlah kursi anggota DPR masih ada yang kosong di ruang paripurna. Sedangkan, anggota DPR yang terlihat hadir di antaranya Titiek Soeharto, Zainudin Amali, Ahmad Muzani, dan Meutya Hafid.

Meski ada puluhan kursi yang masih kosong, Wakil Ketua DPR Fadli Zon tetap memulai sidang paripurna ke-20.

Baca juga: Utut Dilantik Jadi Wakil Ketua DPR Hari Ini, Ruang Kerjanya Belum Tersedia

2. Utut disumpah menjadi wakil ketua DPR yang baru

Sah, Utut Adianto Jadi Wakil Ketua DPRIDN Times/Teatrika Putri

Fadli Zon sebagai pemimpin rapat paripurna mengawali sidang dengan membacakan beberapa surat yang masuk ke pimpinan DPR. Fadli mengenakan jas dan peci warna hitam.

Protokol pun mempersilakan pimpinan DPR maju ke kursi yang telah disediakan. Mereka menyaksikan langsung pelantikan Utut oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) M Hatta Ali.

Utut pun disumpah dan mengucapkan janji di bawah Alquran. Semua anggota DPR yang hadir dalam sidang paripurna pun berdiri untuk menghormati jalannya proses pelantikan.

Hatta Ali menuntun sumpah jabatan tersebut. Menggunakan setelah jas abu-abu, dipadu dasi merah dan peci hitam, Utut pun mengikuti ucapan Hatta Ali sedikit demi sedikit.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi,” ucap Utut mengikuti ucapan Hatta Ali.

“Serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili, untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia,” Utut melanjutkan.

3. Pimpinan DPR lainnya memberi selamat

Sah, Utut Adianto Jadi Wakil Ketua DPRIDN Times/Teatrika Putri

Setelah pengucapan janji, tiba saatnya pimpinan DPR satu per satu memberikan selamat kepada Utut sebagai rekan mereka yang baru. Mulai dari Ketua DPR Bambang Soesatyo, hingga keempat Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Fadli Zon, Taufik Kurniawan, dan Agus Hermanto.

Selesai bersalaman, keenam pimpinan DPR yang baru pun berfoto bersama dan membuat suasana pelantikan semakin hangat.

Baca juga: Dilantik Menjadi Wakil Ketua DPR, Ini Pesan Megawati untuk Utut

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya