Comscore Tracker

Ini yang Dilakukan Menteri Kabinet saat Lebaran di Tengah COVID-19

Para menteri tidak boleh menggelar open house

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menginstruksikan para menteri kabinet agar tidak bersilaturahmi tatap muka dan tidak menggelar open house karena pandemik COVID-19 yang masih melanda Indonesia. Oleh karena itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, para menteri biasanya besilaturahmi secara daring saat momen Lebaran.

"Paling kirim WhatsApp saja, telepon-telepon gitu ya. Ya biasalah, jadi tidak usah dianggap seriuslah wong cuman silaturahmi saja, toh tiap hari juga ketemu. Termasuk minta maaf kan bisa setiap saat itu, tidak harus pada Lebaran saja," kata Muhadjir dalam wawancara khusus bersama IDN Times, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: Ditemani Kaesang, Jokowi-Iriana Rayakan Lebaran di Istana Bogor

1. Muhadjir akui rindu open house saat Lebaran

Ini yang Dilakukan Menteri Kabinet saat Lebaran di Tengah COVID-19Menko PMK Muhadjir Effendy (Dok. Humas Kemenko PMK)

Muhadjir sendiri mengaku rindu melakukan open house saat Lebaran. Namun, semuanya harus berubah sejak pandemik COVID-19 melanda. Sehingga, silaturahmi dilakukan secara daring.

"Ya kangen sih kangen, tapi kan kita juga harus bisa menahan diri untuk melupakan kekangenan itu, dan kita harus siap untuk beradaptasi dengan suasana baru. Ya nanti kalau kita tidak open house ya bikin pura-pura saja ada buat open house kita layani gitu," tuturnya.

2. Jokowi rayakan Idul Fitri di Istana Bogor

Ini yang Dilakukan Menteri Kabinet saat Lebaran di Tengah COVID-19Presiden Jokowi salat Idul Fitri di Istana Bogor (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Pada hari ini, Presiden Jokowi merayakan Hari Raya Idul Fitri di Istana Bogor, Jawa Barat. Ia bersama Ibu Negara Iriana Jokowi melaksanakan salat Idul Fitri 1442 H di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Kamis pagi.

Salat Idul Fitri digelar secara terbatas, adapun yang hadir hanya perangkat Istana seperti Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Komandan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Anan Nurakhman, Asisten Ajudan Presiden AKP Syarif Muhammad Fitriansyah, dan Pengawal Pribadi Presiden Lettu Inf. Windra Sanur.

3. Jokowi larang menterinya open house saat Lebaran

Ini yang Dilakukan Menteri Kabinet saat Lebaran di Tengah COVID-19Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya, Presiden Jokowi memerintahkan para menteri tidak menggelar acara buka puasa bersama dan open house saat Lebaran. Sebab, pandemik COVID-19 saat ini masih melanda Indonesia.

Pesan Jokowi itu disampaikan oleh Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, melalui akun Twitter-nya, @fadjroel_.

Dalam cuitannya itu, Fadjroel mengatakan, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada para menterinya agar tak menggelar buka puasa bersama dan open house. Hal itu dilakukan agar penyebaran COVID-19 tidak semakin tinggi.

"Presiden Jokowi memberikan arahan kepada Kabinet Indonesia Maju, semua Kementerian/Lembaga, untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama dan Open House pada Ramadhan dan Idhul Fitri 1442H/2021M. Untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. Yuk tetap disiplin 5M!" tulis Fajdroel.

Baca Juga: Ucapkan Selamat Idul Fitri, Jokowi: Mari Bersabar dan Menahan Diri

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya