Istana Jawab Kabar Soal Jokowi akan Umumkan Calon Menteri Sore Ini

Jokowi disebut sudah memanggil para calon menteri ke istana

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dikabarkan akan memberikan pernyataan terkait calon menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Rencananya, Presiden Jokowi akan memberikan pernyataan pukul 15.00 WIB, hari ini.

Terkait kabar tersebut, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono meminta agar masyarakat menanti pernyataan dari orang nomor satu di Indonesia itu. 

"Kita tunggu saja (pernyataan Presiden Jokowi)," kata Heru saat dihubungi IDN Times, Selasa (22/12/2020).

1. Jokowi unggah foto "Yang baru harus lebih baik" di Instagram-nya

Istana Jawab Kabar Soal Jokowi akan Umumkan Calon Menteri Sore IniJokowi pimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (20/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Bertepatan dengan kabar reshuffle, Jokowi juga mengunggah sebuah foto dalam akun Instagram-nya, @jokowi. Dalam unggahannya, mantan Wali Kota Solo itu membagikan sebuah foto dengan tulisan "Yang baru harus lebih baik!". Dalam keterangannya, Jokowi juga menuliskan tentang yang lalu biarlah berlalu.

"Yang lalu biarlah berlalu, menjadi kenangan, juga pelajaran. Kita menatap hari esok dengan tekad, semangat, dan memancang harapan yang baru," tulis Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Dikabarkan Undang Calon Menteri, Risma Sudah Tiba di Jakarta

2. Para calon menteri akan segera diperkenalkan Jokowi

Istana Jawab Kabar Soal Jokowi akan Umumkan Calon Menteri Sore IniPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sebelumnya, Heru mengatakan Presiden Jokowi segera memperkenalkan calon menteri barunya. Kabar tersebut berembus seiring dengan isu reshuffle kabinet.

"Ya akan diperkenalkan, tapi waktu tentunya sesuai dengan jadwal presiden," ujar Heru kepada wartawan, Senin (21/12/2020) malam.

3. Nama-nama yang diisukan mengisi reshuffle kabinet

Istana Jawab Kabar Soal Jokowi akan Umumkan Calon Menteri Sore IniPresiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Mengenai isu reshuffle, beredar kabar juga tentang 6 posisi menteri yang akan diganti, seperti posisi Menteri Kesehatan (Menkes), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Menteri Perdagangan (Mendag), Menteri Agama (Menag), Menteri Sosial (Mensos), dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP).

Selain itu, ada pula nama-nama yang dikabarkan akan menempati posisi-posisi tersebut, seperti Budi Gunadi Sadikin, Sandiaga Uno, M. Lutfi, Yahya Cholil, Wahyu Sakti Trenggono, Hasto Wardoyo hingga Tri Rismaharini.

Menanggapi nama-nama yang beredar itu, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menegaskan agar masyarakat tidak langsung mempercayainya sebelum ada pernyataan resmi yang keluar dari mulut Presiden Jokowi.

"Kalau kabar-kabar burung itu siapa saja boleh bikin, isu-isu. Tapi kalau tidak keluar dari mulut presiden, pernyataan atau informasi itu maka semua tidak bisa kita percaya, tidak bisa kita yakini sebagai satu informasi yang valid untuk diberitakan. Harus ada kepastian," ucap Ngabalin saat dihubungi IDN Times, Senin (21/12/2020).

Baca Juga: Jokowi Akan Panggil Calon Menteri Hari Ini? Begini Kata Istana

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya