Comscore Tracker

Istri Tercinta Wafat, Menkumham Yasonna: Berat Semalam Tak Bersamanya

Yasonna minta maaf jika istrinya punya kesalahan

Jakarta, IDN Times - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly tengah berduka lantaran kehilangan istri tercintanya, Elisye Widya Ketaren. Elisye meninggal dunia pada Kamis (10/6/2021) dan telah dimakamkan di San Diego Hills pada Sabtu (12/6/2021).

Yasonna bercerita beberapa hari ini ia mengaku sulit mengontrol emosi. Apalagi saat melihat sang istri, Elisye, yang selalu kesakitan setelah melakukan kemoterapi pasca pengobatan di sebuah rumah sakit (RS) di Penang, Malaysia.

Perasaan Yasonna semakin bimbang kala mendapat firasat akan kepergian wanita yang telah mendampingi hidupnya selama 42 tahun ini.

“Ketika dia (Elisye) mengatakan, kalau kamu pergi-pergi, terus saya meninggal, kamu tidak lihat (saya) lagi. Pertanyaan ini berat, rupanya dia sudah tahu umurnya tidak lama lagi dan ingin selalu bersama saya dan anak-anak, melihatnya dari dekat,” kata Yasonna seperti dikutip dari rilis Kemenkumham, Sabtu (12/6/2021).

1. Yasonna akui berat jika semalam tanpa istrinya

Istri Tercinta Wafat, Menkumham Yasonna: Berat Semalam Tak BersamanyaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Kemudian, mendengar pernyataan istrinya itu, Yasonna mengatakan dirinya termasuk pria yang tangguh. Kuat bersepeda dengan jarak 50-100 kilometer hingga kuat menembak dengan jarak 600 meter. Namun, dia mengaku tak akan sanggup jika satu malam saja tidak bersama istrinya.

"Sangat berat sekali, satu malam saya tidak bersamanya,” tambah Yasonna sambil menahan isak tangis.

Baca Juga: Istri Menteri Yasonna Dimakamkan Sabtu 12 Juni 2021 di San Diego Hills

2. Elisye sempat dirawat di Malaysia

Istri Tercinta Wafat, Menkumham Yasonna: Berat Semalam Tak BersamanyaPresiden Joko "Jokowi" Widodo melayat istri Menteri Yasonna Laoly (Dok. Humas Kemenkumham)

Penyakit yang diderita Elisye cukup berat. Selama 10 hari ia dirawat di rumah sakit, yang terletak di Penang, Malaysia. Atas saran dokter, Elisye direkomendasikan untuk melanjutkan pengobatan di Jakarta, supaya lebih dekat dengan keluarga. 

"Dia perlu dukungan keluarga, berada di tengah-tengah keluarga, karena dukungan psikologis keluarga sangat penting," ujar Yasonna.

Kemudian, Elisye dirawat selama 41 hari di RS Medistra, Tebet, sebelum menghembuskan napas terakhir pada Kamis (10/6/2021) pukul 15.25 WIB. Elisye meninggalkan empat orang anak, dua orang menantu dan enam orang cucu.

3. Yasonna ucapkan terima kasih dan maaf untuk istrinya

Istri Tercinta Wafat, Menkumham Yasonna: Berat Semalam Tak BersamanyaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Setelah istrinya dimakamkan, Yasonna pun mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman dan kerabat. Yasonna juga meminta maaf apabila ada kesalahan yang dilakukan istrinya.

"Kami mohon untuk terus menguatkan kami dengan doa, untuk melalui masa-masa sulit. Terima kasih," tutupnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Keluarga Yasonna

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya