Comscore Tracker

Isu Reshuffle, Jokowi: Sampai Detik Ini Saya Belum Berpikir ke Sana

Jokowi bantah isu reshuffle

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo membantah isu reshuffle atau perombakan menteri kabinet, yang kini ramai diperbincangkan. Menurut Jokowi, ia belum ada pikiran melakukan reshuffle menterinya di Kabinet Indonesia Maju.

"Sampai detik ini saya dan Pak Wapres belum berpikir ke sana," kata Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (26/2).

1. Moeldoko membantah akan ada reshuffle

Isu Reshuffle, Jokowi: Sampai Detik Ini Saya Belum Berpikir ke SanaPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Jakarta Convention Center, Rabu 26 Februaru 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebelumnya juga sempat membantah isu reshuffle menteri kabinet. Ia mengatakan, saat ini menteri kabinet tengah fokus bekerja menghadapi banyaknya isu.

"Ah gak. Orang lagi kerja kenceng begini, reshuffle bagaimana?" ujar Moeldoko di kompleks Istana Negara, Selasa (25/2).

Baca Juga: Menilik Reshuffle Menteri Kabinet di Masa Pemerintahan Jokowi-JK

2. Meoldoko sebut Jokowi miliki catatan sendiri untuk menterinya

Isu Reshuffle, Jokowi: Sampai Detik Ini Saya Belum Berpikir ke SanaKepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 13 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Kendati, Moeldoko yakin, Jokowi memiliki catatan tersendiri soal kinerja menterinya. Namun, kapan evaluasi akan dilakukan, itu menjadi hak prerogatif presiden.

"Ya itu kan hak Beliau untuk selalu melihat perkembangan kementerian. Apakah kebijakan-kebijakan ter-deliver dengan baik atau tidak. Beliau pasti punya catatan, biasa itu," ujar mantan Panglima TNI itu.

3. Isu reshuffle pertama kali muncul dari relawan Jokowi

Isu Reshuffle, Jokowi: Sampai Detik Ini Saya Belum Berpikir ke SanaPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Jakarta Convention Center, Rabu 26 Februaru 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Isu adanya reshuffle menteri kabinet muncul tak lama setelah evaluasi 100 hari kerja Presiden Jokowi. Berawal dari cuitan relawan Jokowi, Dede Budhyarto, di akun Twitter pribadinya, @kangdede78.

Ia mengunggah cuitan yang berisi tentang pertemuannya bersama pegiat media sosial dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor. Dalam cuitannya, Dede menuliskan akan ada reshuffle kabinet dalam waktu dekat.

"Pengin cerita hasil pertemuan dengan Presiden @jokowi, eh pulang dari Istana Bogor malah sakit. Intinya bakal ada resafel (reshuffle) tunggu saja yah. Menteri yang kinerjanya endak bagus, kalian bakalan dicukupkan," kata Dede melalui cuitannya.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Jubir Istana Pastikan Tidak Ada Rencana Reshuffle Kabinet Jokowi

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya