Comscore Tracker

Jadi Kandidat Ibu Kota di Kaltim, Yuk Kenali Bukit Soeharto dan Sotek

Bukit Soeharto dan Sotek sama-sama punya kelebihan

Jakarta, IDN Times - Rencana pemerintah memindahkan ibu kota hampir terwujud. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan mengumumkan lokasi ibu kota baru pada Agustus mendatang.

Hingga kini, kandidat kota terkuat untuk menjadi lokasi ibu kota baru adalah Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Di Kalimantan Timur sendiri terdapat dua lokasi yang menjadi kandidat yakni Sotek, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Soeharto.

Menjadi kandidat terkuat sebagai lokasi ibu kota, seperti apa kondisi kedua lokasi tersebut?

Baca Juga: Gubernur Isran Akan Temui Jokowi, Kaltim Terpilih Jadi Ibu Kota?

1. Bukit Soeharto adalah kawasan konservatif hutan untuk melindungi flora dan fauna dari kepunahan

Jadi Kandidat Ibu Kota di Kaltim, Yuk Kenali Bukit Soeharto dan SotekGoogle Map

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto atau yang lebih dikenal dengan nama Bukit Soeharto, merupakan kawasan konservatif hutan. Wilayah Bukit Soeharto sebenarnya digunakan untuk melindungi pohon dan aneka satwa dari kepunahan.

Bukit Soeharto sendiri terletak di Kabupaten Kutai Kertanegata dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Luasnya mencapai 61.850 hektare.

Bukit Soeharto yang seharusnya menjadi kawasan hutan konservatif, kini rusak akibat banyaknya area yang dibakar, dan banyak pohon ditebangi. Banyaknya bangunan semi permanen juga membuat Bukit Soeharto tak seindah dulu.

2. Macam-macam flora dan fauna di Bukit Soeharto

Jadi Kandidat Ibu Kota di Kaltim, Yuk Kenali Bukit Soeharto dan Sotek(Ilustrasi) IDN Times/Sunariyah

Pada masa pemerintahan Presiden ke-2 RI Soeharto, Bukit Soeharto ditetapkan sebagai kawasan konservasi pada 1991. Kemudian, pada 2004, terjadi pembaruan peraturan dan akhirnya namanya berubah menjadi Taman Hutan Raya atau Tahura.

Kawasan Tahura Bukit Soeharto kini telah berubah sebagai ekosistem hutan tanaman, yang merupakan upaya rehabilitasi dengan berbagai jenis tanaman seperti Acasia (Acasia mangium), Sengon (Albasia sp), Mahoni (Swietenia mahagoni spp), dan flora asli yang didominasi jenis Meranti (Shorea sp).

Sebagian dari kawasan Tahura Bukit Soeharto merupakan hutan penelitian dari persemaian berbagai jenis flora seperti Mahang (Macaranga hypoleuca).

Di antaranya jenis flora dilindungi seperti Ulin (Eusideraxylon zwageri), Kayu arang (Diospyros sp), dan Kempas (Koompassia malaccensis), Palaman (Iristania spp), Resak (Vatica spp), Bayur (Pterospermum spp), Gmelina (Gmelina arborea), Karet (Havea brasiliensis), Rotan (Calamus sp), Aren (Arenga catechu), dan Ketapang (Terminalia catappa).

Selain itu, di kawasan Tahura Bukit Soeharto juga terdapat berbagai macam satwa seperti Orang Utan (Pongo Pygmaeus), Beruang Madu (Helarctros malayanus), Macan Dahan (Neofelis nebulosa), Landak (Hystrix brachyura), Owa-Owa (Hylobates muelleri), dan Burung Enggang (Buceros rhinoceros).

Ada juga Kera Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Trenggiling (Manis javanica), Rusa Sambar(Cervus unicolor), Kuau Besar (Lophura sp), Biawak (Varanus salvator), Tupai (Tupaia sp), Musang (Cynogalesp), Babi Hutan (Sus sp), dan Cucak Rawa (Pycnonotus zeylanicus).

3. Akses menuju Bukit Soeharto

Jadi Kandidat Ibu Kota di Kaltim, Yuk Kenali Bukit Soeharto dan Sotekinstagram/@riand.c

Kawasan Tahura Bukit Soeharto terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan sebagian kecil di Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sebagian kawasan terpotong jalan poros Samarinda-Balikpapan.

Untuk menuju kawasan tersebut, dapat ditempuh dengan jalan darat dari Samarinda kurang lebih 1,5 jam atau dari Balikpapan kurang lebih 45 menit.

4. Sotek sudah dilengkapi infrastruktur dan fasilitas sejak 2014

Jadi Kandidat Ibu Kota di Kaltim, Yuk Kenali Bukit Soeharto dan SotekGoogle Map

Selain Bukit Soeharto, Sotek juga menjadi salah satu kandidat calon ibu kota baru di Kalimantan Timur. Sotek merupakan satu kelurahan di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Wilayah Sotek sudah dilengkapi sejumlah infrastruktur dan fasilitas yang dibangun sejak 2014 hingga 2017. Infrastruktur tersebut seperti sejumlah unit MCK umum, semenisasi jalan Kuburan Muslimin dan Kristen, dan jalan Bongan.

Untuk mengatasi bencana kebakaran, Sotek juga telah melakukan pengadaan dua unit mobil PMK diserta personelnya. Selain itu, ada juga pembuatan embung bagi kelompok tani.

5. Jokowi menyebut infrastruktur di Kalimatan Timur sudah cukup baik

Jadi Kandidat Ibu Kota di Kaltim, Yuk Kenali Bukit Soeharto dan SotekIDN Times/Prayugo Utomo

Jokowi memiliki alasan untuk memilih Kalimantan Timur sebagai kandidat ibu kota baru. Salah satu keunggulan yang disebutkan adalah kelengkapan infrastruktur pendukung yang telah tersedia di sekitar wilayah tersebut.

Keberadaan sarana pendukung tersebut, menurut Jokowi, dapat menghemat biaya pembangunan, apabila kemudian hari ditetapkan sebagai ibu kota baru Indonesia.

“Di sini saya melihat semuanya sangat mendukung. Kebetulan ini berada di tengah-tengah jalan tol Samarinda-Balikpapan. Kemudian kalau kita lihat di Balikpapan ada airport-nya, Samarinda juga ada airportnya. Sudah gak buat airport lagi, sudah ada dua. Pelabuhan juga sudah ada,” ujar Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Kalimatan Timur.

Baca Juga: Jadi Ibu Kota Negara, Pertumbuhan Ekonomi Kaltim Bakal Meroket

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya