Jakarta dan Bekasi Mati Listrik, Erick Thohir Cek ke Lapangan

PLN masih melakukan perbaikan kelistrikan

Jakarta, IDN Times - Hujan deras yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya siang ini, Minggu (1/11/2020), mengakibatkan pemadaman di sejumlah wilayah. Pemadaman tersebut diakibatkan adanya gangguan Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) pada pukul 12.58 WIB.

Melihat ramainya keluhan masyarakat tentang pemadaman listrik tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir langsung turun tangan, meninjau langsung permasalahan di lapangan.

"Sudah check langsung ke lapangan. Semoga cepat recover," kata Erick dalam keterangan tertulis, Minggu (1/11/2020).

Baca Juga: Gardu Listrik di Blok M Meledak!

1. Listrik di sejumlah wilayah sudah kembali normal

Jakarta dan Bekasi Mati Listrik, Erick Thohir Cek ke LapanganErick Thohir tinjau langsung kondisi SUTET yang sebabkan pemadaman (Dok.IDN Times/Istimewa)

Hingga pukul 14.20 WIB, Erick menyampaikan bahwa ada beberapa wilayah di Jakarta yang listriknya sudah kembali noral. Salah satunya adalah wilayah Cawang, Jakarta Timur dan sekitarnya.

"Daerah yang sudah menyala, meliputi Cawang, Duren Tiga, Mampang, Danayasa, SCBD, Kemang, Ancol, Angke, Setiabudi," sebut Erick.

2. Erick sebut PLN tengah melakukan perbaikan

Jakarta dan Bekasi Mati Listrik, Erick Thohir Cek ke LapanganMenteri BUMN RI Erick Thohir (paling kanan) memberikan sambutan. Dok.Humas Telkom

Erick mengatakan PLN tengah melakukan perbaikan dengan memindahkan beban listrik ke jaringan lainnya. Perusahaan pelat merah itu juga sedang berupaya melakukan pengecekan dan perbaikan untuk mempercepat pemulihan sistem kelistrikan.

"Proses penormalan terus dilakukan, kami akan segera memberitahukan setiap perkembangan terkait proses recovery tersebut," jelas dia.

3. Wilayah-wilayah yang mengalami pemadaman listrik di Jakarta dan Bekasi

Jakarta dan Bekasi Mati Listrik, Erick Thohir Cek ke Lapangan(Ilustrasi mati listrik) IDN Times/Yogi Pasha

PT PLN (Persero) menyatakan hujan deras disertai petir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya, menyebabkan sejumlah Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET)  500 KV mengalami gangguan pada pukul 12.58 WIB.

"PLN mohon maaf atas padamnya aliran listrik yang dialami oleh sebagian wilayah Jakarta mengalami padam," kata SRM General Affairs PLN UID Jakarta Raya Emir Muhaimin dalam keterangan pers tertulis, Minggu.

Emir mengatakan pihaknya akan melakukan perbaikan sesegera mungkin. PLN akan melakukan penormalan dengan memindahkan beban listrik ke jaringan lainnya.

"Saat ini tim tengah melakukan upaya pengecekan dan upaya perbaikan untuk mempercepat pemulihan sistem kelistrikan," ucap dia.

Adapun sejumlah wilayah di Bekasi dan Jakarta yang mengalami listrik padam antara lain:

- Ampera, Jakarta Selatan
- Condet, Jakarta Timur
- Makasar, Jakarta Timur
- Mampang, Jakarta Selatan
- Menteng, Jakarta Pusat
- Rawalumbu, Bekasi
- Kuningan, Jakarta Selatan
- Sunter, Jakarta Utara
- Jatinegara, Jakarta Timur
- Jatiwarna, Bekasi.

Adapun SUTET yang mengalami gangguan yakni:
- SUTET Muara Tawar - Cibatu
- SUTET Depok - Cibinong
- SUTET Cawang - Muara Tawar
- SUTET Bekasi Tambun.

Baca Juga: Sebagian Wilayah Jakarta dan Sekitarnya Mati Listrik, Ini Daftarnya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya