Comscore Tracker

Jelang Pelantikan Presiden, Pramono Yakin TNI-Polri Jaga Keamanan

Jokowi setujui pelantikan pukul 14.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Istana telah menerima keputusan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) tentang jadwal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

MPR sendiri telah memutuskan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan dilaksanakan pukul 14.00 WIB. Pramono meyakini pelantikan akan berjalan aman.

1. Jokowi setujui pelantikan pukul 14.00 WIB

Jelang Pelantikan Presiden, Pramono Yakin TNI-Polri Jaga KeamananIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait perubahan waktu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang awalnya pukul 10.00 WIB menjadi 14.00 WIB. Pramono menerangkan bahwa Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menyetujui hal itu.

"Jam 10 kan masih banyak yang menjalankan ibadah. Karena pada hari minggu juga ada CFD maka dengan pertimbangan itu Ketua MPR telah berkonsultasi kepada Presiden terpilih, Jokowi, akhirnya disepakati menjadi jam 14.00," kata Pramono di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (14/10).

Baca Juga: Jelang Pelantikan, Ini Harapan Kubu Jokowi-Prabowo di Bali

2. Pramono yakini TNI-Polri akan jaga keamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Jelang Pelantikan Presiden, Pramono Yakin TNI-Polri Jaga KeamananIDN Times/Aldila Muharma

Pramono meyakini proses pelantikan akan berjalan aman. Ia mengatakan percaya pada pengamanan yang dilakukan Polri dan TNI.

"Pasti aman lah. Karena ada tamu negara. Apa pun kalau sudah menyangkut pelantikan Presiden dan Wapres itu adalah prioritas dan kami meyakini Polri dan TNI pasti akan siap untuk mengamankan," ujar dia.

3. MPR tetapkan pelantikan pukul 14.00 WIB

Jelang Pelantikan Presiden, Pramono Yakin TNI-Polri Jaga KeamananScreenshot video TV Parlemen

Sebelumnya, MPR awalnya menetapkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan pada 20 Oktober 2019 pukul 10.00 WIB. Namun, karena ditakutkan akan mengganggu yang beribadah, sehingga dimundurkan pukul 16.00 WIB.

Tetapi, pertimbangan lainnya pada pukul tersebut ditakutkan mendekati salat Magrib. Sehingga, MPR memutuskan pelantikan digelar pada pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: DPR: 30 Ribu Personel TNI Polri Amankan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You