Comscore Tracker

Jelang Pilkada 2020, Mahfud MD: Kita Jaga Situasi Tetap Kondusif 

Protokol kesehatan harus diterapkan dengan ketat

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, meminta penyelenggara dan peserta Pilkada 2020 serta seluruh elemen masyarakat menjaga situasi kondusif hingga hari pencoblosan pada 9 Desember 2020.

“Dua belas hari ke depan kita jangan sampai lengah, kita jaga betul agar situasi tetap kondusif. Masa tenang 6-8 Desember juga harus kita pastikan benar-benar tenang,” kata Mahfud saat memimpin rapat analisa dan evaluasi tahapan pilkada serentak di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2020).

1. Mahfud minta protokol kesehatan di pilkada dilakukan secara ketat

Jelang Pilkada 2020, Mahfud MD: Kita Jaga Situasi Tetap Kondusif IDN Times/Galih Persiana

Mahfud juga mengingatkan agar protokol kesehatan diterapkan secara ketat selama pilkada serenta. Ia meminta distribusi logistik sampai tepat waktu dan aman.

“Diantisipasi betul kemungkinan kerumunan, agar dihindari penumpukan orang dengan mengatur jam dan jadwal orang melakukan pemilihan” kata Mahfud.

Baca Juga: Tidak Netral di Pilkada, Dua Kades di Bima Kena Hukuman Pidana

2. Mendagri minta masyarakat dukung pelaksanaan Pilkada 2020

Jelang Pilkada 2020, Mahfud MD: Kita Jaga Situasi Tetap Kondusif Puspen Kemendagri

Sementara Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, meminta semua elemen mendukung pelaksanaan Pilkada 2020. Sebab pilkada di tahun ini berbeda karena berlangsung di tengah pandemik COVID-19.

’’Tidak akan mungkin penyelenggara KPU bekerja sendiri. Kita dukung dengan semua kekuatan yang ada, kekuatan linmas yang di bawah Pemda, satpol PP yang ada di bawah Pemda, rekan-rekan Polri, Bapak Kapolri mohon untuk mengarahkan jajarannya dan juga rekan-rekan TNI," kata Tito.

3. Panglima TNI berharap masyarakat bisa melaksanakan pesta demokrasi dengan damai

Jelang Pilkada 2020, Mahfud MD: Kita Jaga Situasi Tetap Kondusif ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Adapun Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, menjelaskan kesiapannya untuk membantu pelaksanaan pilkada serentak tahun ini, terutama dalam membantu pencegahan penyebaran virus corona. 

“TNI juga membantu Pemda dan KPU daerah dengan mengajak tokoh-tokoh masyarakat yang ada di daerah mengimbau seluruh masyarakat melaksanakan pesta demokrasi secara dewasa, tidak terpengaruh provokasi dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Hadi.

Baca Juga: [LINIMASA] Pilkada Serentak 2020 di Tengah Pandemik COVID-19

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya