Jembatan di Bukittinggi Ambruk, Ini Respons Presiden Jokowi

Jembatan sementara akan dibangun pekan ini

Jakarta, IDN Times - Jembatan penghubung Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Kayutanam, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, ambruk pada Selasa (11/12). Akibatnya akses dari dan ke Bukittinggi putus total.

Menanggapi ambruknya jembatan penguhubung tersebut, Presiden Joko "Jokowi" Widodo langsung bererak cepat. Kira-kira apa yang dilakukan oleh Jokowi?

1. Kementerian PUPR membangun jembatan sementara

Jembatan di Bukittinggi Ambruk, Ini Respons Presiden JokowiInstagram.com/jokowi

Melalui akun Instagram @jokowi, Jokowi mengungkapkan telah meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar langsung mengatasi permasalahan tersebut. Menurut Jokowi, Kementerian PUPR telah membangun jembatan sementara untuk menghubungkan kedua daerah tersebut.

"Kementerian PUPR langsung membangun jembatan sementara untuk selekas mungkin membuka kembali lalu lintas Kota Padang - Bukittinggi," tulis Jokowi.

Baca Juga: Sedang di Bukittinggi? 5 Tempat ini Cocok untuk Ngabuburit Kamu

2. Jembatan dirakit sepanjang 36 meter dan ditargetkan selesai dalam sepekan

Jembatan di Bukittinggi Ambruk, Ini Respons Presiden JokowiANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Lanjut Jokowi, jembatan sementara tersebut telah dirakit sepanjang 36 meter. "Dan ditargetkan selesai dalam sepekan ini," kata Jokowi. Jembatan sementara ini akan digunakan sampai jembatan yang ambruk berhasil diperbaiki.

3. Pemerintah segera siapkan desain jembatan permanen

Jembatan di Bukittinggi Ambruk, Ini Respons Presiden JokowiANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jokowi menjelaskan, apabila jembatan sementara itu telah selesai dibangun, maka pemerintah segera menyiapkan desain jembatan permanen. Lalu, pemerintah pun menargetkan Maret 2019 pembangunan bisa berjalan.

"Setelah melalui proses tender, mudah-mudahan bisa mulai dibangun bulan Maret 2019, dan akan rampung bulan September atau Oktober 2019," terang Jokowi.

4. Jokowi sebut jembatan tersebut adalah urat nadi perekonomian Sumatera Barat

Jembatan di Bukittinggi Ambruk, Ini Respons Presiden JokowiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jokowi mengatakan bahwa jembatan penghubung itu begitu penting, karena Kota Padang dan Bukittinggi adalah jalur yang strategis. Dan menjadi salah satu urat nadi perekonomian Sumatera Barat.

"Ini jalur pariwisata ke Bukittinggi, Batusangkar, Payakumbuh, dan 50 Kota, jalur transportasi ke Provinsi Riau dan beberapa kabupaten kota lain, serta jadi jalur distribusi dan logistik pangan," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Tips Liburan Ekonomis di Padang, Cocok untuk Mahasiswa!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya