Comscore Tracker

JK Minta Provokator Kerusuhan Manokwari Papua Segera Dicari

JK sebut kerusuhan di Manokwari karena ada yang memicu

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta dalang kerusuhan di Manokwari, Papua Barat, segera diusut dan dicari. Ia mengatakan, kerusuhan terjadi di Manokwari karena ada yang memicu.

"Nah apa sebab itu terjadi, semua terbukalah, apa sebabnya, apakah benar ada yang bicara, ada yang membuang bendera Merah Putih di selokan, apa benar itu? Ini juga harus semua terbuka," ujar Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

Menurut JK, dari kronologi yang ia ketahui, aparat keamanan melakukan pengepungan karena merasa akan ada serangan. Namun, ternyata serangan tersebut belum terjadi, sehingga ia meminta ada klarifikasi lebih jelas lagi.

"Serangan itu belum terjadi, tidak terjadi, hanya semacam ramai-ramai, dikepunglah gitu, diselamatkan polisi, tapi tentu ada sebabnya lagi," tutur JK.

Dia menduga, kerusuhan yang terjadi di Papua semata-mata karena masyarakat ingin ada klarifikasi dan permintaan maaf saja dari apa yang terjadi di asrama mahasiswa Papua di Surabaya.

"Apa yang saya lihat itu, masyarakat di Papua itu hanya ingin minta klarifikasi dan minta maaflah, tapi harus klarifikasi apa yang terjadi, karena ini sebuah akibat," kata Jusuf Kalla.

Baca Juga: Kapolri: Ada Oknum yang Picu Kerusuhan Lebih Besar di Manokwari Papua

Topic:

  • Sunariyah

Just For You