Comscore Tracker

JK Sebut Lahan Prabowo Tak Ada Masalah, Begini Reaksi Jokowi

Jokowi tak mempermasalahkan lahan Prabowo legal atau tidak

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden nomor urut 01 Joko "Jokowi" Widodo menanggapi tentang pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), yang menyatakan lahan yang dimiliki Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Mendengar hal itu, Jokowi mengatakan, ia tidak pernah mempermasalahkan soal lahan yang dimiliki Prabowo yang berjumlah ratusan ribu hektare di Kalimantan dan Aceh itu.

1. Jokowi: Apa saya pernah bilang itu bermasalah?

JK Sebut Lahan Prabowo Tak Ada Masalah, Begini Reaksi JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengatakan sejak awal dirinya memang tidak pernah menyatakan lahan milik Prabowo bermasalah. Dia hanya memberikan pernyataan terkait pembagian sertifikat tanah yang menjadi pokok pembahasan.

"Memang tidak ada masalah. Apa saya pernah bilang masalah? Gak kok. Saya itu menyampaikan ya, Pak Prabowo kan menyampaikan bahwa pembagian sertifikat itu tidak bermanfaat, karena nanti kan tanah-tanah akan habis. Kan gitu," jelas dia di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (20/2).

Baca Juga: Erick Thohir Minta Maaf soal Jokowi Singgung Lahan Milik Prabowo

2. Jokowi tak pernah mempermasalahkan lahan Prabowo legal atau ilegal

JK Sebut Lahan Prabowo Tak Ada Masalah, Begini Reaksi JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi menerangkan, pada saat debat kedua Pilpres 2019 itu, ia hanya mengungkapkan tentang kepemilikan lahan Prabowo, dan tidak mempermasalahkan tanah tersebut legal atau tidak.

"Saya hanya menyampaikan bahwa ada kepemilikan sejumlah itu. Gak memasalahkan itu ilegal atau itu gak. Gak ada. Jangan ditarik ke mana-mana," terang dia.

3. Jokowi mengatakan pernyataannya pada debat kedua Pilpres 2019 hanya untuk kebijakan

JK Sebut Lahan Prabowo Tak Ada Masalah, Begini Reaksi JokowiANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jokowi pun menjelaskan, pada debat kedua ia hanya menyinggung kebijakan pemerintahan sebelumnya, dan kebijakan tersebut tidak akan terjadi pada pemerintahannya.

"Sudah saya sampaikan bahwa kan pada ikut di perhutanan sosial, ada yang kita beri satu hektare, ada masyarakat adat ulayat 800 hektare, 2 ribu hektare, itu kecil kecil memang, ada yang 2 hektare, memang kecil-kecil," kata dia.

4. Jusuf Kalla memberikan izin kepemilikan lahan kepada Prabowo, saat ia menjadi wakil presiden era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2004

JK Sebut Lahan Prabowo Tak Ada Masalah, Begini Reaksi JokowiANTARA News/Fransiska Ninditya

Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi tentang penguasaan lahan Prabowo. Menurut JK, tidak ada yang salah dengan penguasaan lahan mantan Danjen Kopassus itu dan sesuai dengan aturan perundang-undangan.

JK mengaku dirinya yang memberikan izin kepada Prabowo untuk membeli 220.000 hektare lahan di Kalimantan Timur. Hal itu dilakukan ketika dirinya masih menjabat sebagai wakil presiden era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2004.

"Tidak ada yang salah sebenarnya bahwa Pak Prabowo menguasai tapi sesuai undang-undang, sesuai aturan. Apa yang salah? Kebetulan waktu itu saya yang kasih (izin) itu," kata JK seperti dilansir Antara, Selasa (19/2).

Baca Juga: Asal Muasal Lahan Prabowo di Kaltim-Aceh Versi Hashim Djojohadikusumo

Topic:

  • Rochmanudin

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You