Pemerintah Siapkan Bansos untuk 3,7 Juta Keluarga di Jabodetabek

Sebanyak 200.000 paket sembako juga siap didistribusikan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyiapkan bantuan khusus bagi 3,7 juta keluarga penerima manfaat di Jabodetabek, terdampak virus corona atau COVID-19. Jokowi mengimbau agar penyaluran bantuan sosial (bansos) ini bisa segera dilakukan dan tepat sasaran.

Jokowi menyampaikan hal itu saat membuka rapat terbatas mengenai Efektivitas Penyaluran Program Jaring Pengaman Sosial melalui video konferensi, Selasa (7/4).

1. Bantuan akan diberikan selama dua bulan

Pemerintah Siapkan Bansos untuk 3,7 Juta Keluarga di Jabodetabek(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menerangkan bantuan kepada 3,7 juta keluarga tersebut akan diberikan pemerintah selama dua bulan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Alasan dua bulan karena selama masa tanggap darurat COVID-19.

"Kita sedang menyiapkan bantuan sosial khusus untuk 3,7 juta berbasis juta, dan 1,1 juta disalurkan Pemprov DKI Jakarta dan 2,6 juta disiapkan oleh pemerintah pusat selama dua bulan, sesuai dengan masa tanggap darurat yang ditetapkan oleh satgas COVID-19," ujar Presiden.

Pemerintah Siapkan Bansos untuk 3,7 Juta Keluarga di Jabodetabek(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Tangani COVID-19, Jokowi: Pemerintah Anggarkan Rp405,1 Triliun 

2. Sebanyak 200.000 paket sembako siap didistribusikan di Jabodetabek

Pemerintah Siapkan Bansos untuk 3,7 Juta Keluarga di Jabodetabek(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, pemerintah pusat juga akan mendistribusikan paket sembako untuk wilayah Jabodetabek. Distribusi bahan pokok ini melalui Kementerian Sosial. 

"Selain itu, saya juga telah memerintahkan Mensos mendistribusikan 200 ribu paket sembako untuk wilayah Jabodetabek," kata Jokowi.

3. Pemerintah menaikkan jumlah penerima kartu sembako dan nilainya

Pemerintah Siapkan Bansos untuk 3,7 Juta Keluarga di Jabodetabek(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sama seperti yang dikatakan Jokowi sebelumnya, pemerintah sudah menaikkan 30 persen penerima Kartu Sembako. Dari yang semula 15,2 juta, menjadi 20 juta penerima.

"Kartu Sembako dinaikkan dari 15,2 juta penerima menjadi 20 juta penerima manfaat, yang nilainya dinaikkan 30 persen dari Rp150.000 menjadi Rp200.000 dan diberikan selama sembilan bulan," tutur mantan Wali Kota Solo itu.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Jokowi: Penyaluran Bansos Harus Secepat Mungkin dan Tepat Sasaran

Topik:

  • Rochmanudin
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya