Comscore Tracker

Jokowi: 4,5 Tahun Saya-JK Berjuang Kembalikan Watak Asli Pembangunan

Jokowi sebut pembangunan tidak hanya bertumpu pada ekonomi

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01 Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan visi misinya di debat pamungkas Pilpres 2019. Jokowi mengungkapkan, selama dia dan Jusuf Kalla (JK) memimpin, keduanya sudah berjuang keras mengembalikan watak asli pembangunan Indonesia.

Menurut Jokowi, pembangunan tersebut tidak hanya bertumpu pada ekonomi saja, melainkan pada pemerataan juga. "Karena pertumbuhan ekonomi tanpa pemerataan adalah ketimpangan," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Oleh karena itu, lanjut Jokowi, selama masa pemerintahannya, dia telah membangun infrastruktur tidak hanya di Jawa, melainkan di luar Jawa juga.

"Dengan infrastruktur itu kami ingin ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa," terangnya.

Jokowi menambahkan, di periode selanjutnya, ia dan Ma'ruf berkomitmen akan terus memperjuangkan kemandirian ekonomi Indonesia.

"Oleh karena itu sumber daya alam yang sebelumnya dikuasai asing, dikuasi negara seperti Blok Mahakam, Rokan, dan Freeport. Kemandirian ini sangat penting sekali karena kemandirian ini ekonomi yang adil, dan kesejahteraan masyarakat akan dilakukan," sambung Jokowi.

Baca Juga: [Linimasa] Debat Pamungkas Pilpres 2019, Siapa Paling Meyakinkan?

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya