Jokowi: Ahok hingga Azwar Anas Jadi Calon CEO di Ibu Kota Baru

Sejumlah nama tenar masuk bursa CEO ibu kota baru!

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebut empat kandidat calon kepala badan otoritas ibu kota baru. Dari keempat calon kepala badan otoritas tersebut, Jokowi menyebut nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai salah satu kandidatnya.

Lalu, siapa saja nama-nama yang masuk sebagai kandidat calon kepala badan otoritas?

1. Ahok hingga Azwar Anas menjadi kandidat pemimpin ibu kota baru

Jokowi: Ahok hingga Azwar Anas Jadi Calon CEO di Ibu Kota BaruLaunching buku Basuki Tjahaja Poernama (IDN Times/ Lia Hutasoit)

Menurut Jokowi, ia telah memilih empat kandidat calon kepala badan otorita ibu kota baru. Selain nama Ahok, nama Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dan Direktur Utama Wijaya Karya Tumiyana.

"Kandidatnya ada banyak, yang namanya kandidat memang banyak, satu Pak Bambang Brodjo, dua, Pak Ahok, tiga, Pak Tumiyono, empat, Pak Azwar Anas," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/3).

Baca Juga: Luhut Bela Ahok yang Diminta Mundur: Kita Bersyukur Ada Pak Ahok!

2. Ibu kota baru akan dipimpin oleh pejabat setara menteri

Jokowi: Ahok hingga Azwar Anas Jadi Calon CEO di Ibu Kota BaruPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 2 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Ibu kota baru nantinya memang tidak akan dipimpin oleh gubernur. Namun, akan dipimpin oleh pejabat setara dengan menteri.

"Jadi untuk otoritas ibu kota negara, ini memang kita akan segera menandatangani Perpres, di mana di situ ada CEO-nya. CEO-nya sampai sekarang belum diputuskan," ucap Jokowi.

3. Jokowi akan putuskan kepala badan otoritas pada pekan ini

Jokowi: Ahok hingga Azwar Anas Jadi Calon CEO di Ibu Kota BaruPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 2 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi menyampaikan tak perlu waktu lama untuk menentukan siapa yang akan memimpin ibu kota baru. Dia mengatakan, akan menentukannya dalam pekan ini.

"Dan akan segera diputuskan, InshaAllah dalam minggu ini," tutur Jokowi.

Baca Juga: Ahok Dikabarkan Bakal Pimpin Ibu Kota Baru, Ini Jawaban Luhut

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya