Comscore Tracker

Jokowi: Alat Kesehatan Bikinan dalam Negeri Diproduksi Akhir Mei

"Sehingga kita tidak tergantung pada produk impor."

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengklaim Indonesia sudah bisa mengembangkan alat-alat kesehatan sendiri untuk penanganan COVID-19. Dia berharap alat-alat kesehatan tersebut sudah bisa diproduksi pada akhir Mei.

1. Jokowi berharap alat kesehatan buatan dalam negeri segera diproduksi massal

Jokowi: Alat Kesehatan Bikinan dalam Negeri Diproduksi Akhir MeiDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengatakan Indonesia sudah berhasil mengembangkan PCR test kit, Rapid Diagnostic Test (RDT), ventilator, hingga Biosafety Level 2 (BSL 2). Dia berharap pada akhir Mei nanti alat-alat tersebut bisa diproduksi secara massal.

"Kita harapkan pada akhir Mei ini semua inovasi-inovasi tersebut sudah bisa diproduksi secara massal, sehingga kita tidak tergantung lagi pada produk-produk impor dari negara lain," ujar Jokowi yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (14/5).

2. Jokowi: Banyak produk bermutu dari Indonesia

Jokowi: Alat Kesehatan Bikinan dalam Negeri Diproduksi Akhir MeiDok. Biro Pers Kepresidenan

Selain bidang kesehatan, mantan Wali Kota Solo itu menyebut masih banyak karya dan produk Indonesia yang membanggakan. Menurutnya, mutu produk Indonesia juga tak kalah dengan produk luar negeri.

"Banyak produk bermutu, berkualitas, yang dihasilkan oleh para industri rumahan kita, para petani kita, para nelayan kita, yang dihasilkan oleh industri dalam negeri kita," ucapnya.

3. Jokowi minta masyarakat dukung produk dalam negeri

Jokowi: Alat Kesehatan Bikinan dalam Negeri Diproduksi Akhir MeiDok. Biro Pers Kepresidenan

Maka dari itu, Jokowi meminta agar masyarakat turut serta mendukung produk-produk dalam negeri. Dia mengatakan, dukungan dari masyarakat itu akan menumbuhkan kepercayaan diri sebagai bangsa yang besar.

"Karya-karya semua anak bangsa ini harus kita apresiasi, harus kita hargai harus kita dukung, harus kita beri ruang seluas-luasnya, harus kita manfaatkan dan kita gunakan untuk keselamatan dan untuk kemajuan bangsa dan negara kita," jelas Jokowi.

Baca Juga: Alat-alat Medis dan Kesehatan Terendam, Tak Lama RSCM Kebanjiran

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya