Jokowi: Bandara Internasional Yogya Bisa Tampung 20 Juta Penumpang

Jokowi ingin 20 juta penumpang datang ke YIA

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan bahwa Bandara Internasional Yogyakarta bisa menampung hingga 20 juta penumpang. Tak hanya itu, ia juga mengatakan, pesawat-pesawat besar seperti Boeing juga bisa mendarat di bandara yang baru saja dia resmikan tersebut.

"Kapasitas terminal atau untuk penumpang yang lama itu hanya bisa menampung 1,6 juta penumpang, di sini bisa 20 juta penumpang," ujar Jokowi seperti disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (28/8/2020).

Baca Juga: Jokowi: Biaya Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Rp11,3 T

1. Jokowi sebut YIA bisa menampung pesawat Airbus A380 dan Boeing 777

Jokowi: Bandara Internasional Yogya Bisa Tampung 20 Juta PenumpangPresiden Jokowi resmikan Bandara Internasional Yogyakarta, Jumat (28/8/2020) (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Saat meresmikan, Jokowi memuji kecepatan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA). Dia menyebut, proses pembangunannya menghabiskan waktu 20 bulan.

"Bandara ini dikerjakan sangat cepat hanya 20 bulan, 20 bulan. Cepat sekali," kata Jokowi.

Jika dibandingkan dengan Bandara Adi Sucipto yang panjang run way-nya 2.200 meter, di Bandara Internasional Yogyakarta mencapai 3.250 meter.

"Jauh lebih panjang. Di sana hanya untuk pesawat yang narrow body, di sini bisa didarati tadi saya baru saja mendapatkan informasi bisa didarati Airbus A380 dan Boeing 777, pesawat gede-gede bisa turun di sini karena runway-nya 3.250 (meter)," ucap Jokowi.

2. Jokowi ingin 20 juta penumpang datang ke YIA

Jokowi: Bandara Internasional Yogya Bisa Tampung 20 Juta PenumpangPresiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta, Jumat (28/8/2020) (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Sedangkan luas terminal mencapai 219 meter persegi atau sekitar 13-14 kali lipat, dibanding luas terminal Bandara Adi Sucipto yang hanya sekitar 17 ribu meter persegi.

Pria kelahiran Solo ini juga menyebut, kapasitas penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta mencapai 20 juta orang.

"Ini tugas kita bersama, bagaimana bisa mendatangkan 20 juta penumpang. Itu bukan tugas yang ringan," ungkap Jokowi.

3. Bandara didesain tahan gempa hingga 8,8 SR

Jokowi: Bandara Internasional Yogya Bisa Tampung 20 Juta PenumpangIDN Times/Istimewa

Selain itu, Bandara Internasional Yogyakarta juga didesain memiliki daya tahan terhadap gempa sampai 8,8 Skala Ritcher dan menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter.

"Tadi kepala BMKG Bu Dwi menyampaikan kepada saya, juga bisa menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter, Insyaallah ini sudah dirancang ke sana semuanya," kata Jokowi.

4. Total biaya pembangunan YIA mencapai Rp11,3 triliun

Jokowi: Bandara Internasional Yogya Bisa Tampung 20 Juta PenumpangPresiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta, Jumat (28/8/2020) (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Soal biaya, Jokowi menyebut, total anggaran yang dihabiskan untuk membangun bandara tersebut mencapai Rp11,3 triliun.

"Ini urusan biaya. Bandara ini pembebasan lahannya menghabiskan Rp4,2 triliun. Untuk konstruksi, baik terminal maupun runway Rp7,1 trilun. Artinya, totalnya Rp11,3 triliun," ujar Jokowi.

Baca Juga: Gegara Pandemik, Presiden Jokowi Ikuti Sidang Umum PBB secara Virtual

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya