Jokowi: Banjir Jakarta karena Ekosistem Rusak dan Warga Buang Sampah

"Karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana.."

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan banjir yang terjadi di sejumlah kawasan Jabodetabek dikarenakan kerusakan ekosistem dan ekologi. Selain itu, dia menilai banjir terjadi juga karena masyarakat sering membuang sampah sembarangan.

"Karena ada yang disebabkan kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada, tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana. Banyak hal," kata Jokowi Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Pusat, Kamis (2/1).

1. Jokowi katakan masalah banjir Jakarta harus diselesaikan bersama-sama

Jokowi: Banjir Jakarta karena Ekosistem Rusak dan Warga Buang SampahIDN Times/Daffa Maududy Fitranaarda

Menurut Jokowi, masalah banjir memang harus dikerjakan bersama-sama, baik dari pemerintah pusat hingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Ini harus dikerjakan bersama-sama. Pemerintah pusat, pemprov, pemerintah kabupaten dan kota, semuanya bekerja sama dalam menangani ini," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jakarta Direndam Banjir, Anies Baswedan: Kami Siap Bertanggung Jawab

2. Jokowi ingin pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan baik

Jokowi: Banjir Jakarta karena Ekosistem Rusak dan Warga Buang SampahIDN Times / Larasati Rey

Jokowi mengingatkan agar pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan baik. Hal itu penting dilakukan agar masalah banjir cepat teratasi.

"Tetapi saya ingin kerja sama itu dibangun pusat, provinsi, dan kabupaten/kota agar semuanya bisa tertangani," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

3. Jokowi sebut evakuasi masyarakat lebih penting

Jokowi: Banjir Jakarta karena Ekosistem Rusak dan Warga Buang SampahIDN Times/khaerul anwar

Meski begitu, Jokowi mengatakan bahwa saat ini yang terpenting adalah mengevakuasi korban. Nantinya, kata Jokowi, infrastruktur untuk penanganan banjir akan diselesaikan setelah evakuasi selesai.

"Yang terpenting saat kejadian saat ini adalah evakuasi korban, keselamatan dan keamanan masyarakat harus didahulukan. Nanti urusan penanganan banjir secara infrastruktur akan kita kerjakan setelah penanganan evakuasi selesai," tuturnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Terdampak Banjir, Menpan RB Izinkan PNS Bisa Ambil Cuti hingga Sebulan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya