Jokowi Banyak Visi Bidang Ekonomi di Periode Kedua, Ini Penjelasannya

Penuntasan kasus HAM juga penting, Pak

Bogor, IDN Times - Presiden terpilih 2019-2024 Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan visi misi untuk periode kepemimpinan keduanya di Sentul International Convention Center (SICC), Minggu (14/7). Dalam pidatonya, Jokowi lebih menekankan pada peningkatan ekonomi seperti pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia (SDM), investasi, hingga APBN.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tidak menyinggung sedikit pun tentang penegakkan hukum dan HAM.

Direktur Program TKN Jokowi-Ma'ruf, Aria Bima, mengatakan memang pada periode kedua ini Jokowi akan lebih fokus terhadap persoalan ekonomi.

"Persoalan hukum dan HAM ini adalah persoalan tidak hanya kita sebagai bangsa, tetapi persoalan dunia. Tentu itu akan menjadi sesuatu hal yang harus dirampungkan oleh Pak Jokowi, bahwa ini tadi adalah visi pembangunan manusia Indonesia dengan narasi ekonomi untuk membangun daya saing bangsa," kata Aria di SICC, Bogor, Minggu (14/7).

Kendati, Aria mengaku pemerintahan Jokowi-Ma'ruf memang tidak sempurna. Namun ia meyakini setiap persoalan, tak terkecuali tentang hukum dan HAM akan bisa diselesaikan.

"Tentunya persoalan HAM, persoalan lingkungan adalah persoalan yang lebih dulu menjadi hal yang harus diselesaikan dengan berbagai persoalan HAM yang ada," terang dia.

Baca Juga: Isi Lengkap Visi Misi Jokowi Kepemimpinan Periode Kedua

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya