Comscore Tracker

Jokowi Beri Bantuan Rp100 Juta untuk Ratu Bulu Tangkis Verawaty Fajrin

Jokowi minta Menpora dan Menkes beri pelayanan terbaik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan bantuan sebesar Rp100 juta kepada legenda bulu tangkis, Verawaty Fajrin, yang tengah dirawat di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta. Bantuan dari Jokowi itu disampaikan langsung oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, di RS Dharmais, Jakarta, Senin (20/9/2021) sore.

"Ibu Verawaty, saya mengantarkan bantuan dari Bapak Presiden. Bapak Presiden menitip salam dan mendoakan untuk kesembuhan Ibu Verawaty," ujar Heru dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Verawaty Fajrin, Ratu Bulu Tangkis Indonesia yang Langka

1. Jokowi minta Menpora dan Menkes beri pelayanan terbaik bagi Verawaty

Jokowi Beri Bantuan Rp100 Juta untuk Ratu Bulu Tangkis Verawaty FajrinPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk memastikan terjaminnya perawatan Verawaty.

"Bapak Presiden telah meminta Menpora untuk menanggung biaya pengobatan serta perawatan Ibu Verawaty. Selain itu, Bapak Presiden juga meminta kepada Menteri Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Ibu Verawaty," tutur Heru.

2. Perawatan Verawaty akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Jokowi Beri Bantuan Rp100 Juta untuk Ratu Bulu Tangkis Verawaty FajrinMenteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, saat menyemangati legenda bulu tangkis Indonesia, Verawaty Fajrin / Dokumentasi Kemenpora

Sebagai tindak lanjut arahan Jokowi, Menpora Senin sore mengunjungi Verawaty di rumah sakit. Menurut Zainudin, ia hadir di rumah sakit guna menjenguk Verawaty dan menyampaikan salam dari Presiden Jokowi.

“Kami datang ke RS Dharmais ini, secara khusus menyampaikan salam juga dari Bapak Presiden kepada Ibu Verawaty,” kata Zainudin.

Perawatan Verawaty di RS Dharmais sendiri akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) turut mengupayakan perawatan terbaik untuk Verawaty, salah satunya dengan mengubah status anggota BPJS Verawaty dari kelas 2 menjadi kelas 1.

"Mbak Vera tetap kami monitor kondisinya," jelas Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, dalam keterangannya.

3. Kemenpora pastikan Verawaty akan mendapatkan perawatan terbaik

Jokowi Beri Bantuan Rp100 Juta untuk Ratu Bulu Tangkis Verawaty FajrinSekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, saat kunjungi legenda bulu tangkis Indonesia, Verawaty Fajrin / Dokumentasi Kemenpora

Selain memastikan bahwa Verawaty akan mendapatkan perawatan terbaik, Gatot juga memastikan bahwa Kemenpora dan Kementerian Kesehatan terus berkoordinasi untuk membantu perawatan Verawaty.

"Mengenai kekurangannya (biaya) akan menjadi tanggung jawab kami dari Kemenpora," lanjut Gatot.

Sementara itu, menurut perwakilan rumah sakit yaitu Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Humas RS Kanker Dharmais Anjari Umarjianto, pihaknya menaruh perhatian khusus dan memberikan fasilitas terbaik untuk Verawaty.

"Kami menaruh perhatian khusus kepada pasien dan memberikan fasilitas terbaik dari apa yang RS ini miliki untuk Ibu Verawaty," ucap Anjari saat mendampingi Kepala Sekretariat Presiden.

Verawaty merupakan pebulu tangkis RI yang penuh prestasi. Ia mencatatkan segudang prestasi di kancah internasional. 
 
Julukan Ratu Bulu Tangkis disematkan kepadanya, sebab pada era 1970-an akhir, terlebih pada 1980-an, Verawaty mendulang banyak gelar.

Namanya mulai diperhitungkan pada 1977 silam. Kala itu, dia berhasil menyabet gelar juara di Netherland Open. Dia masih bermain di nomor ganda putri bersama Imelda Wigoena.

Verawaty, bersama Imelda, terus mencatatkan diri sebagai ganda putri terbaik dunia hingga 1980. Dia mampu menyabet gelar Denmark Open 1977/78, medali emas Asian Games 1978, Canada Open 1979, All England 1979, hingga jadi finalis Kejuaraan Dunia 1980.

Verawaty sempat berganti pasangan di 1981 bersama Ruth Damayanti. Pada periode itu, dia bersama Ruth sukses membawa pulang medali emas SEA Games.

Baca Juga: Senyum Verawaty Fajrin Usai Dapat Dukungan Pemerintah

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya