Jokowi Bertemu Ketum dan Sekjen Parpol, Ternyata Ini Pembahasannya

Elite PAN juga hadir lho!

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan pertemuan dengan ketua umum partai politik koalisi. Pertemuan itu digelar di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, pembahasan antara Jokowi dan ketum parpol membahas soal pandemik COVID-19 yang melanda Indonesia. Jokowi meminta parpol ikut membantu pemerintah menangani pandemik secara gotong royong.

"Semangat bergotong-royong dan memberikan energi positif bagi pemerintah untuk menangani pandemik sangat terasa. Seluruh ketum parpol yang hadir merasakan pentingnya gotong royong seluruh komponen bangsa, dan apa yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi di dalam mengatasi pandemik sudah pada track yang benar," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/8/2021).

Baca Juga: Mencari Restu Jokowi untuk Pilpres 2024, Seberapa Penting?

1. Ketum parpol komitmen dukung pemerintah atasi pandemik

Jokowi Bertemu Ketum dan Sekjen Parpol, Ternyata Ini PembahasannyaPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPD dan DPR RI pada Jumat (14/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam pertemuan itu, kata Hasto, Jokowi juga menyampaikan melalui kerja sama yang baik, maka penanganan COVID-19 bisa teratasi dengan baik. Oleh karena itu, para ketum partai politik diharapkan memberikan dukungannya pada pemerintah dalam mengatasi pandemik.

“Seluruh ketum parpol yang hadir, dengan membandingkan apa yang terjadi di Indonesia dengan negara-negara besar lain seperti Amerika Serikat, India, Jerman, Brasil dan lain-lain, serta melihat kesungguhan pemerintah di dalam menangani pandemik, terus memberikan dukungan bagi kebijakan Presiden Jokowi," jelas dia.

2. Ketum parpol akan bantu pemerintah dorong pertumbuhan ekonomi

Jokowi Bertemu Ketum dan Sekjen Parpol, Ternyata Ini PembahasannyaInstagram.com/@romahurmuziy

Dukungan yang diberikan ketum parpol, kata Hasto, juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Menurut Hasto, kerja sama harus terus dijalin mengingat tidak tahu kapan pandemik akan berakhir.

"Bagaimana pun, meski pandemik masih sulit diprediksi kapan berakhir, keseimbangan antara penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di beberapa wilayah dengan pertumbuhan perekonomian terus dilakukan, terutama memastikan bagaimana negara hadir dengan mendorong perekonomian rakyat," terangnya.

3. Dialog antara Jokowi dan ketum parpol memperkuat optimisme

Jokowi Bertemu Ketum dan Sekjen Parpol, Ternyata Ini PembahasannyaSekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Hasto mengatakan, pertemuan kali ini dihadiri ketua umum dan sekjen PDIP, Partai Gerindra, Partai Golkar, PKB, NasDem, PPP, dan juga PAN.

"Dari dialog antar-ketum parpol dengan Presiden Jokowi selain memperkuat optimisme, juga merupakan tradisi baik dalam demokrasi Pancasila," ujar Hasto.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Ketum Parpol Koalisi, Ketum PPP Suharso Monoarfa Hadir

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya