Jokowi Berterima Kasih Diprotes Peternak Suroto lewat Poster

Suroto diundang pihak Istana secara mendadak

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengundang peternak ayam dari Blitar, Suroto, ke Istana Negara hari ini. Suroto merupakan peternak ayam yang sempat viral karena membentangkan poster 'Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar' ke arah Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Jawa Timur beberap waktu lalu.

Atas kejadian itu, Suroto menyebut Presiden Jokowi tidak marah kepadanya. Ia mengatakan presiden justru berterima kasih karena aksi yang dilakukannya itu.

“Berterima kasih, berterima kasih sekali dengan apa yang saya lakukan itu,” ujar Suroto usai bertemu dengan Jokowi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Ranu (15/9/2021).

Baca Juga: Cerita Suroto Diundang ke Istana Usai Bentangkan Poster ke Jokowi

1. Suroto akui sempat meminta maaf langsung pada Jokowi

Jokowi Berterima Kasih Diprotes Peternak Suroto lewat PosterAsosiasi Peternak memberikan keterangan pers usai bertemu Presiden Jokowi pada Rabu (15/9/2021) di Istana Negara. (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Meski begitu, Suroto mengaku sempat meminta maaf kepada Presiden Jokowi atas poster yang telah ia bentangkan. Dia mengaku hanya ingin dibantu oleh Jokowi agar masalah ketidakstabilan harga selesai.

"Kalau saya gak nekat membentangkan poster, ini pasti gak akan ditanggapi. Dalam artian, saya percaya ini gak nyampe ke Pak Jokowi. Saya percaya satu-satunya orang di Indonesia pada saat ini yang bisa menolong peternak ya hanya Pak Jokowi, itu aja," ucap Suroto.

2. Suroto mendapatkan undangan di Istana kemarin pagi

Jokowi Berterima Kasih Diprotes Peternak Suroto lewat PosterPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Suroto sendiri mengaku baru mendapatkan undangan dari Presiden Jokowi kemarin. Sehingga, pertemuan hari ini dilakukan secara mendadak.

Kemarin pagi jam 8, jadi mendadak. Kita gak tahu. Ah ini pasti bohong, ternyata ya betul-betul,” ucap Suroto.

Baca Juga: Mural Berisi Kritik ke Jokowi Dihapus, Moeldoko: Kritik Harus Beradab

3. Suroto sempat ditangkap polisi saat membentangkan poster pada Jokowi

Jokowi Berterima Kasih Diprotes Peternak Suroto lewat PosterPeternak ayam Blitar, Suroto, di Kompleks Istana Negara pada Rabu (15/9/2021). (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sebagaimana diketahui, poster Suroto bertuliskan ‘Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar' berhasil membawanya bertemu dengan Presiden Jokowi. Aksi protes itu dilakukan Suroto saat Jokowi meninggalkan lokasi vaksinasi di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) menuju makam Bung Karno untuk berziarah.

Dengan mengenakan topi dan masker, Suroto langsung mengangkat poster tersebut ketika Jokowi tengah membuka jendela dan melambaikan tangan pada masyarakat.

Kabagops Polres Blitar Kota, Kompol Hari Sutrisno yang melihat kejadian tersebut langsung mendatangi pria ini dan membawanya ke mobil polisi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya