Jokowi: Biaya Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Rp11,3 T

Jokowi puji Sri Sultan Hamengku Buwono X

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Yogyakarta International Airport, Jumat (28/8/2020). Dalam sambutannya, Jokowi menyebut total anggaran yang dihabiskan untuk membangun bandara tersebut mencapai Rp11,3 triliun.

"Ini urusan biaya. Bandara ini pembebasan lahannya menghabiskan Rp4,2 triliun. Untuk kontruksi, baik terminal maupun runaway Rp7,1 triliun. Artinya totalnya Rp11,3 triliun," ujar Jokowi seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Jumat.

1. Jokowi minta Sri Sultan Hamengkubuwono X mengurus pembebasan lahan bandara

Jokowi: Biaya Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Rp11,3 TPresiden Jokowi resmikan Bandara Internasional Yogyakarta, Jumat (28/8/2020) (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Jokowi mengaku sempat membahas soal biaya pembangunan bandara dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Menurut presiden, pemerintah pusat sudah bagi-bagi tugas dengan gubernur terkait pembangunan bandara.

"Dulu saya menyampaikan dengan Pak Gubernur awal-awal habisnya sekian. Oke, sekarang kita bagi-bagi Pak Gub, Bapak urusan pembebasan lahan dan nanti pengawasan, serta yang penting juga masalah arsitek," kata presiden.

Baca Juga: Megawati 'Ngamuk', Jokowi Diminta Mundur dan Disebut-Sebut Komunis

2. Jokowi turut memuji ketelitian Sri Sultan Hamengkubuwono X terkait arsitektur

Jokowi: Biaya Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Rp11,3 TPresiden Jokowi resmikan Bandara Internasional Yogyakarta, Jumat (28/8/2020) (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini memuji ketelitian dari Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dia mengatakan, pemimpin Yogyakarta itu sangat detail masalah arsitektur bandara.

"Sangat mumpuni urusan kearsitekturan dan yang ada di dalam tadi interior, semuanya. Melihat keahlian beliau Bapak Gubernur ini sangat kelihatan sekali dalam desain arsitektur di Bandara Internasional Yogyakarta ini," puji Jokowi.

3. Jokowi puji PP dan Angkasa Pura 1 tentang pengerjaan bandara

Jokowi: Biaya Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Rp11,3 TPresiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta, Jumat (28/8/2020) (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Tak hanya itu, Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepads PT PP (Persero) Tbk dan Angkasa Pura 1 atas pembangunan bandara ini. Dia pun memuji karena hasilnya memuaskan.

"Saya terima kasih kepada PP dan Angkasa Pura 1 yang tadi saya lihat pengerjaannya menurut saya yang terbaik, saat ini di Indonesia, gak tahu kalau ada bandara baru lebih baik lagi gak tahu," tutur dia.

Baca Juga: Bertolak ke Jogja, Jokowi Akan Resmikan YIA Hingga Bagikan Banpres

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya