Comscore Tracker

Jokowi Bisa Tahu Dukungan Seseorang Hanya dari Bersalaman

Jokowi mengungkap bahwa door-to-door adalah strateginya

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri pembekalan calon legislatif DPR RI Partai Hanura pada Rabu malam (7/11). Dalam acara tersebut, Jokowi diberi kesempatan untuk memberikan pemaparan dan pembekalan kepada para kader Hanura.

Uniknya, Jokowi pun blak-blakan tentang strateginya mendekati rakyat di saat pilkada di Solo dan Jakarta. Jokowi juga sempat mengakui bahwa dirinya bisa mengetahui dukungan hanya dari bersalaman.

Kira-kira gimana ya maksud Jokowi itu?

1. Jokowi mengungkap bahwa door to door adalah strateginya menangkan suara

Jokowi Bisa Tahu Dukungan Seseorang Hanya dari BersalamanANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Ketika maju kembali di Pilkada Solo 2010 sebagai petahana, Jokowi akui tak ingin keluar dana banyak. Setelah didesak berbagai pihak agar maju kembali, Jokowi memutuskan untuk mendekati rakyat dengan cara door to door.

Dengan cara itulah, Jokowi jadi semakin dekat dengan rakyat hingga ia akui mengetahui dukungan seseorang kepadanya atau tidak melalui jabat tangan.

"Yang saya lakukan hanya dari pintu ke pintu, menerangkan bahwa kita sudah mengerjakan kartu pintar, kartu sehat, dari pintu ke pintu betul. Sama nyalamin setelah ngomong-ngomong. Pas nyalamin sambil ngitung. Oh dukung. Nyalaminya kok.. oh gak.. gak.. dukung," kata Jokowi di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Rabu (7/11).

2. Jokowi bisa merasakan dukungan hanya dari bersalaman

Jokowi Bisa Tahu Dukungan Seseorang Hanya dari BersalamanANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Menurutnya, ketika bersalaman dengan seseorang, ia pun sudah mengerti mana salaman yang mendukung dirinya, dan mana salaman yang tidak mendukung.

"Kerasa itu. Ngerti betul kerasa mana yang iya, mana yang tidak. Ini lah pentingnya door to door. Oleh karena itu, kita gunakan pendekatan dari pintu ke pintu untuk mencuri hati rakyat," jelas Jokowi.

3. Door to door dibuktikan Jokowi bisa naikkan suara

Jokowi Bisa Tahu Dukungan Seseorang Hanya dari BersalamanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meski door to door lebih menguras tenaga, tapi menurut Jokowi, hal itu bisa lebih berhasil memenangkan hati rakyat. Terbukti saat Pilkada Solo 2010, Jokowi yang di 2005 mendapatkan 37 persen suara, meningkat menjadi 91 persen.

"Jadi kalau ada yang melakukan seperti itu dan tidak berhasil, tolong nanti suatu saat maju dan bilang 'Pak nggak berhasil jurusnya'. Saya berani menjamin kalau itu dilakukan. Jadi terus tumbuhkan kepercayaan rakyat dari kemampuan kita," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Hadiri Pembekalan Caleg DPR RI Partai Hanura

4. Jokowi minta partai koalisi agar bisa terus turun ke rakyat

Jokowi Bisa Tahu Dukungan Seseorang Hanya dari BersalamanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, Jokowi pun berpesan agar seluruh kader partai koalisi bisa terus turun ke rakyat dan menyampaikan kinerja yang telah dilakukan, dan program apa yang dikerjakan. Hal itu dirasa perlu agar bisa mendapatkan kepercayaan rakyat.

"Terus aktif menyampaikan kinerja yang kita lakukan, solidaritas antar tim dan perkuat jaringan dengan akar rumput, dan dengan cara ini saya meyakini perjuangan kita akan membuahkan hasil yang maksimal," ungkapnya.

Baca Juga: Cucu Pendiri NU ke Prabowo, Yenny Wahid: Cucu Pendiri Banyak ke Jokowi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Yogie Fadila

Just For You