Jokowi Dorong Vaksin AstraZeneca Didistribusi ke Jatim Besok

Para kiai di Jatim siap gunakan vaksin AstraZeneca

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Usai meninjau proses vaksinasi, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan bahwa pemerintah akan mendistribusikan lebih banyak lagi vaksin AstraZeneca ke Jawa Timur.

Hal ini dilakukan setelah Jokowi berdialog dengan para kiai Jawa Timur. Mereka juga menyatakan vaksin asal Inggris tersebut halal dan siap menggunakannya.

"Tadi pagi juga saya bertemu dengan para kiai sepuh, para kiai dari MUI Jawa Timur yang menyampaikan bahwa vaksin AstraZeneca bisa digunakan halal dan tayyib, dan ini akan kami dorong besok agar lebih banyak lagi vaksin yang bisa didistribusikan di Provinsi Jawa Timur," kata Jokowi seperti disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/3/2021).

Baca Juga: Ketua MUI Jatim: Vaksin Astrazeneca Halalan Toyiban

1. Jokowi senang proses vaksinasi di Jombang berjalan lancar

Jokowi Dorong Vaksin AstraZeneca Didistribusi ke Jatim BesokPresiden Jokowi meninjau vaksinasi massal di Kabupaten Jombang (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi mengucapkan syukur karena proses vaksinasi untuk para kiai dan juga petugas serta pelayanan publik berjalan lancar. Saat meninjau vaksinasi, pria kelahiran Solo ini juga sempat menyapa dan berbincang dengan para peserta dan vaksinator.

"Semuanya sudah berjalan alhamdulillah lancar mulai dari registrasi, penyaringan kemudian vaksinasi penyuntikan dan observasi. Semuanya berjalan dengan baik," ucapnya.

2. Jokowi ingin proses vaksinasi di pondok-pondok pesantren bisa segera dilakukan

Jokowi Dorong Vaksin AstraZeneca Didistribusi ke Jatim BesokPresiden Jokowi meninjau vaksinasi massal di Kabupaten Jombang (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu, Jokowi juga berharap ke depannya pendistribusian vaksin bisa segera dilakukan di wilayah-wilayah lain. Terutama untuk pondok-pondok pesantren. Sehingga, proses vaksinasi bisa dipercepat.

"Agar pelaksanaan vaksin bisa lebih dipercepat untuk pondok-pondok pesantren, untuk para kiai, untuk para santri dan kemudian juga untuk petugas dan pelayanan publik," jelas Jokowi.

3. Para kiai di Jawa Timur siap gunakan vaksin AstraZeneca untuk pondok pesantren

Jokowi Dorong Vaksin AstraZeneca Didistribusi ke Jatim BesokPeninjauan Vaksinasi Massal, Pendopo Delta Wibawa Kab Sidoarjo pada Senin (22/3/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur pada Senin (22/3/2021). Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi mengaku sempat bertemu dengan para kiai di Jawa Timur.

Jokowi menuturkan, sebelum meninjau vaksinasi massal, ia sempat bertemu dengan para kiai untuk membahas mengenai vaksin AstraZeneca yang tengah ramai diperbincangkan.

Jokowi menyampaikan bahwa para kiai di Jawa Timur tidak ada masalah dengan vaksin AstraZeneca, dan siap menggunakan vaksin itu untuk proses vaksinasi di pondok-pondok pesantren di Jawa Timur.

"Beliau-beliau tadi menyampaikan bahwa Jawa Timur siap diberi vaksin AstraZeneca dan segera akan digunakan di pondok-pondok pesantren Jawa Timur," ujar Jokowi.

Jokowi mengaku mengapresiasi keputusan para kiai di Jawa Timur. Dia pun meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk segera mendistribusikan vaksin AstraZeneca ke Jawa Timur dan daerah lainnya.

"Saya kira itu patut kita apresiasi dan tadi saya sudah perintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk segera mendistribusikam vaksin AstraZeneca ke Jawa Timur dan provinsi-prvinsi lainnya," tutur Jokowi.

Baca Juga: Temui Kiai di Jatim, Jokowi: Pesantren Siap Vaksinasi AstraZeneca

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya