Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Ini 5 Kesepakatan yang Akan Dihasilkan 

Apa saja ya?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN dengan negara-negara mitra, Kamis (14/11/2020). Pada hari ketiga KTT ASEAN yang diselenggarakan di Vietnam ini, Jokowi mengikuti serangkaian acara melalui konferensi video dari dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Pertemuan KTT ASEAN-Selandia Baru akan mengawali rangkaian KTT ASEAN dengan mitra yang diikuti Jokowi hari ini. Setelah itu, Jokowi akan menghadiri KTT dua tahunan ke-2 ASEAN-Australia, KTT ke-23 ASEAN Plus Three (APT), dilanjutkan Pertemuan Pemimpin APT dengan Perwakilan East Asia Business Council (EABC).

1. Rangkaian acara KTT yang akan dihadiri Jokowi

Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Ini 5 Kesepakatan yang Akan Dihasilkan Presiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Dikutip keterangan Sekretariat Presiden, sore harinya mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan menghadiri upacara peluncuran ASEAN Smart Logistics Network (ASLN) with First Project 'Vihn Phuc ICD Logistics Center (SuperPort)'.

"Sedangkan pada malam harinya, Presiden akan menghadiri KTT ke-15 Asia Timur," tulis keterangan Sekretariat Presiden.

Baca Juga: ASEAN Setujui Aturan Saling Berkunjung Terbatas di Tengah Pandemik 

2. Kesepakatan-kesepakatan yang akan dihasilkan dari KTT ASEAN

Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Ini 5 Kesepakatan yang Akan Dihasilkan Presiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN pada Kamis (12/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri, KTT ASEAN dengan mitra akan menghasilkan sejumlah kesepakatan, di antaranya:

1. Joint Statement on Human Capital Development terkait pembangunan kapasitas SDM di kawasan melalui pendidikan, kesehatan, ekonomi kemasyarakatan dan peningkatan teknologi

2. Joint Statement on Enhancing Cooperation under FTA and Combating COVID-19 mengenai komitmen bersama untuk mengurangi dampak pandemi pada perdagangan, investasi global, regional dan memulihkan kepercayaan ekonomi dan perdagangan melalui menjamin keterbukaan pasar, fasilitasi perdagangan dan saling tukar pengalaman/informasi

3. Joint Statement of the Second ASEAN-Australia Biennial Summit

4. Joint ASEAN-New Zealand Leaders' Vision Statement on the 45th Anniversary of ASEAN-New Zealand Dialogue Relations: A Legacy of Partnership, A Future Together

5. Joint Statement of the 23rd ASEAN-Japan Summit on Cooperation on ASEAN Outlook on the Indo-Pacific sebagai bentuk realisasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP).

3. Dokumen yang dihasilkan KTT ASEAN APT dan East Asia

Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Ini 5 Kesepakatan yang Akan Dihasilkan Presiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN pada Kamis (12/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sementara itu, KTT East Asia (Asia Timur) akan menghasilkan 5 dokumen kesepakatan. Begitu pula dr gw  KTT APT akan menghasilkan 5 dokumen kesepakatan, salah satunya ASEAN Plus Three Leaders' Statement on Strengthening ASEAN Plus Three Cooperation for Economic and Financial Resilience in Face of Emerging Challenges. Kesepakatan ini yang menekankan kerja sama pada bidang ekonomi dan keuangan untuk mendukung ketahanan kawasan dalam menghadapi tantangan kawasan, khususnya pada saat pandemik ini.

Baca Juga: Jokowi Bicara Kerja Sama ASEAN dengan 4 Negara Ini di KTT

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya