Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Ini Topik-topik yang Dibahas

Salah satu yang dibahas dalam KTT adalah vaksin COVID-19

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN secara virtual melalui konferensi video, di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (12/11/2020). Pada perhelatan KTT kali ini, Vietnam menjadi tuan rumah acara.

Dikutip dari Sekretariat Presiden, pada hari ini Presiden Jokowi akan mengikuti lima KTT melalui konferensi video, antara lain KTT Pleno ke-37 ASEAN, KTT ke-23 ASEAN dengan RRT, KTT ke-21 ASEAN dengan Korea Selatan, KTT ke-23 ASEAN dengan Jepang, serta KTT ke-17 ASEAN dengan India.

1. KTT akan membahas tentang vaksin COVID-19

Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Ini Topik-topik yang DibahasPresiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN pada Kamis (12/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Rangkaian KTT ASEAN yang berjumlah 17 sesi pertemuan ini dihadiri oleh 10 kepala negara/pemerintahan ASEAN dan 8 kepala negara/pemerintahan negara mitra ASEAN. Rangkaian KTT utamanya akan membahas langkah bersama untuk mencegah dampak yang lebih luas dari pandemik ini.

Selain itu, KTT juga membahas tentang kerja sama prioritas di 2021, khususnya terkait produksi vaksin COVID-19. "KTT juga akan membahas prioritas pengembangan ekonomi di kawasan dengan mitra untuk menangani dampak ekonomi dan sosial akibat COVID-19," tulis keterangan dari Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Gelar KTT untuk Bahas Pandemi Virus Corona, Ini Hasil Kesepakatan G20

2. Inisiatif yang akan diusung Indonesia dalam KTT adalah membangun komitmen ASEAN untuk kegiatan ekonomi

Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Ini Topik-topik yang DibahasPresiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN pada Kamis (12/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri, kemlu.go.id, salah satu inisiatif yang diusung oleh Indonesia pada KTT ini adalah upaya membangun komitmen bersama ASEAN untuk segera membuka kembali konektivitas dan memulihkan kegiatan ekonomi di ASEAN melalui ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA). TCA diharapkan mempermudah akses perjalanan bagi para pelaku bisnis di negara-negara ASEAN dalam situasi kenormalan baru dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"KTT ini penting untuk satukan langkah dan memperoleh komitmen ke depan para pemimpin negara mitra ASEAN untuk mengatasi pandemik secara lebih terstruktur, sesuai tenggat waktu yang dibutuhkan agar tidak semakin menunda dampak dari pandemik yang semakin kompleks bagi situasi dunia dan kawasan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

3. Jokowi didampingi Menlu Retno saat hadir di KTT ke-37 ASEAN

Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Ini Topik-topik yang DibahasPresiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN pada Kamis (12/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Turut hadir mendampingi Jokowi saat menghadiri KTT ke-37 ASEAN secara virtual yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Wakil Tetap RI untuk ASEAN Ade Padmo Sarwono.

Baca Juga: Di KTT ASEAN, Jokowi Sebut Situasi Dunia Semakin Berat Akibat Pandemik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya