Jokowi: Harga Vaksin COVID-19 Mandiri Harus Terjangkau

Jokowi minta menterinya jelaskan detail proses vaksinasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menginstruksikan para jajarannya untuk mempersiapkan aturan mengenai vaksinasi COVID-19 secara mandiri. Aturan tersebut sudah harus disiapkan sejak awal, selain itu Jokowi menginginkan agar harga vaksin mandiri bisa terjangkau.

"Karena ini ada yang gratis, ada yang mandiri atau bayar sendiri, pengenaan biaya vaksinasi secara mandiri harus betul-betul dikalkulasi dan dihitung secara cermat, disiapkan aturan sejak awal dan saya minta harganya bisa terjangkau," ujar Presiden Jokowi dalam rapat terbatas, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (26/20/2020).

1. Jokowi minta menterinya jelaskan soal proses vaksinasi kepada publik

Jokowi: Harga Vaksin COVID-19 Mandiri Harus TerjangkauPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, masalah akses vaksin juga menjadi salah satu isu yang disoroti publik. Maka dari itu, pria kelahiran Solo ini meminta jajarannya untuk menjelaskan detail kepada masyarakat tentang proses vaksinasi.

"Bagaimana masyarakat bisa akses vaksin ini karena kita tahu penduduk kita gede banget, besar sekali. Maka dipastikan proses vaksinasi ini akan berjalan dan dilakukan secara bertahap dan hal ini perlu dijelaskan secara jelas, secara gamblang kepada masyarakat," kata dia.

Baca Juga: Luhut Akui Kurang Paham Soal Proses Imunisasi Massal Vaksin COVID-19

2. Jokowi ingin masyarakat diinformasikan soal kelompok prioritas vaksin

Jokowi: Harga Vaksin COVID-19 Mandiri Harus TerjangkauPenyuntikan kandidat vaksin COVID-19 untuk uji klinis di Depo, Jawa Barat. Dok.Humas Jabar

Tak hanya perihal harga vaksin mandiri yang harus terjangkau dan proses vaksinasi saja, Jokowi juga meminta agar para menteri menjelaskan soal prioritas vaksin. Sehingga, masyarakat sudah mengetahui kelompok prioritas vaksin sejak awal.

"Jelaskan siapa saja kelompok masyarakat mana yang mendapat prioritas vaksin lebih awal, kenapa mereka dulu, itu harus dijelaskan. Mengapa mereka dapat prioritas," ujar Jokowi.

3. Jokowi sebut keamanan vaksin penting untuk kepercayaan masyarakat

Jokowi: Harga Vaksin COVID-19 Mandiri Harus TerjangkauPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Jumat (23/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi meminta agar pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi dipastikan keamanan dan keefektifannya. Menurutnya, penyuntikan vaksin harus melalui tahapan-tahapan atau uji klinis yang benar.

"Keamanan artinya kalau disuntik betul-betul melalui sebuah tahapan-tahapan, uji klinis yang benar," ucapnya.

Masalah keamanan dan keefektifan vaksinasi menjadi salah satu hal yang penting, kata Jokowi. Sebab, kepercayaan masyarakat terhadap vaksin COVID-19 bisa terwujud melalui vaksinasi yang tengah dicetus pemerintah itu.

"Karena kalau tidak, ada satu saja yang masalah, nanti bisa menjadikan ketikdakpercayaan masyarakat akan upaya vaksinasi ini," tutur dia.

 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Alasan Erick Thohir Tunjuk Timses Jokowi Jadi Komisaris PLN

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya