Jokowi: Hari ke Hari Kita Pelajari COVID-19 dan Buat Kebijakan Terbaik

Jokowi mengatakan, no one is safe until everyone is

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengingatkan pentingnya kerja sama untuk atasi pandemik COVID-19. Karena menurutnya, tidak ada yang bisa selamat dari COVID-19 sebelum semuanya aman. Sebab, pemerintah juga tengah melakukan segala upaya untuk mengatasi virus corona ini.

"Kita harus memperkokoh kerja sama di internal masing-masing negara dan juga kerja sama kita dengan negara-negara di dunia. Spirit kerja sama perlu ditekankan karena no one is safe until everyone is," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic, yang diunggah di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Jokowi : Pemerintah Kurang Sosialisasi soal Vaksin COVID-19

1. Jokowi sebut pemerintah Indonesia belajar memahami COVID-19 dan buat kebijakan terbaik untuk mengatasinya

Jokowi: Hari ke Hari Kita Pelajari COVID-19 dan Buat Kebijakan TerbaikPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengungkapkan, sudah satu tahun Indonesia dilanda pandemik virus corona. Lebih dari 110 juta orang di seluruh dunia yang terpapar dan hampir 2,5 juta yang kehilangan nyawa karena COVID-19. Menurutnya, semua negara selalu berusaha untuk memberikan kebijakan terbaik agar virus corona bisa teratasi.

"Dari hari ke hari, kita dan dunia belajar untuk memahami virus ini dan membuat kebijakan-kebijakan terbaik untuk mengatasinya," jelas Jokowi.

2. Pandemik COVID-19 memberikan dampak besar pada sosial ekonomi

Jokowi: Hari ke Hari Kita Pelajari COVID-19 dan Buat Kebijakan TerbaikIlustrasi. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pada saat yang sama, lanjut Jokowi, Indonesia dan negara-megara lain juga harus berusaha untuk mengatasi dampak sosial ekonomi akibar pandemik. Sebab, dampak sosial ekonomi sangat dirasakan di tengah krisis kesehatan ini.

"Dampak sosial-ekonomi dari pandemi ini sangat dirasakan semua negara di dunia, termasuk negara kita, Indonesia," ucap Jokowi.

3. Indonesia harus rancang rencana kerja sama dengan negara lain

Jokowi: Hari ke Hari Kita Pelajari COVID-19 dan Buat Kebijakan TerbaikWarga memakai masker untuk menekan laju penyebaran virus corona di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, pada 30 April 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Jokowi menerangkan, masing-masing negara sudah melakukan segala upaya untuk menanggulangi krisis. Namun, kata dia, Indonesia tetap harus merancang secara akurat dan lebih detail tentang apa yang akan dilakukan bersama-sama dengan negara lain.

"Kita semua tahu bahwa virus ini tidak mengenal batas antarnegara. Dunia tidak bisa sepenuhnya bebas dari virus ini jika masih ada satu negara saja yang belum bebas darinya. Oleh karena itu, yang paling penting agar kita dapat menangani pandemi ini adalah kerja sama, kerja sama, dan kerja sama," tutur Jokowi.

Baca Juga: Terapkan PPKM Mikro, Jokowi Tiru Cara India Atasi COVID-19

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya