Jokowi Ingin Ekonomi Indonesia Seperti Chuck Noland di Film Cast Away

Jokowi sebut winter is coming sekarang betul-betul ada 

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo kembali menyebut kata-kata andalannya di Annual Meeting International Monetary Fund (IMF) 2019 yakni 'Winter Is Coming'. Tak hanya kembali menyebut winter is coming, Jokowi juga menyinggung tentang aktor Film Cast Away, Tom Hanks.

Hal itu disinggung Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis (28/11) malam. Dalam sambutannya, Jokowi teringat dengan apa yang disampaikan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Bali, tahun lalu.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi RI di Atas AS, Jokowi: Gak Bersyukur, Kufur Nikmat

1. Jokowi: Winter is coming, dan sekarang coming-nya betul-betul ada

Jokowi Ingin Ekonomi Indonesia Seperti Chuck Noland di Film Cast AwayPresiden Jokowi hadir di pertemuan tahunan Bank Indonesia (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi kembali mengingat perkataan Perry mengenai ketidakpastian global. Jokowi pun mengatakan, ada tiga nilai yang akan diajukan agar pelaku usaha Indonesia tetap eksis di tengah ketidakpastian global.

"Tadi juga diingatkan setahun lalu dalam Annual Meeting Bank Dunia di Bali. Saya menyampaikan bahwa akan datang musim dingin, winter is coming, dan sekarang coming-nya betul-betul ada," kata Jokowi.

2. Jokowi ibaratkan kondisi ekonomi sekarang seperti film Cast Away

Jokowi Ingin Ekonomi Indonesia Seperti Chuck Noland di Film Cast AwayPresiden Jokowi hadir di pertemuan tahunan Bank Indonesia (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Lalu, Jokowi mengibaratkan kondisi ekonomi sekarang seperti film Cast Away. Film itu dibintangi oleh aktor ternama Hollywood yaitu Tom Hanks. Inti cerita dari film tersebut adalah Chuck Noland terdampar di sebuah pulau, namun mampu bertahan dan selamat. 

"Bercerita sebetulnya dalam film ini ada pesawat kargo jatuh ke pulau dan hanya ada satu orang bertahan hidup dan akhirnya selamat, kalau dihubungkan dengan ketidakpastian tadi. Harus mampu bertahan dalam kesulitan yang menimpanya, Chuck Noland ini mampu bertahan yang diperankan Tom Hanks," cerita Jokowi

3. Jokowi ingin Indonesia seperti karakter Chuck di film Cast Away

Jokowi Ingin Ekonomi Indonesia Seperti Chuck Noland di Film Cast Away(Presiden Jokowi memberikan keterangan pers, di Bandar Lampung, Jumat 15 November 2019) Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Menurut Jokowi, karakter Chuck yang mampu bertahan di tengah kesulitan yang menimpa dia, merupakan sebuah contoh agar Indonesia juga bisa seperti itu. Dalam menghadapi tekanan ekonomi global, kata Jokowi, Indonesia harus tetap optimistis.

"Tetap optimistis dalam menghadapi berbagai tekanan. Jangan kalau ada tekanan eksternal, biasanya pesimis dan ngomong wait and see," ucap mantan Wali Kota Solo itu.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya