Jokowi Ingin Kurva Kasus COVID-19 Turun pada Mei dengan Cara Apapun!

Jokowi minta semua elemen fokus tangani COVID-19

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta jajarannya untuk fokus terhadap penanganan virus corona atau COVID-19. Jokowi menginginkan kurva penyebaran virus corona harus turun di bulan Mei.

Jokowi menginstruksikan hal itu saat memberikan arahan di Sidang Kabinet Paripura yang digelar secara virtual di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (6/5).

1. Jokowi ingin target penurunan kasus virus corona tercapai di bulan Mei

Jokowi Ingin Kurva Kasus COVID-19 Turun pada Mei dengan Cara Apapun!Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengingatkan kepada menteri kabinet dan jajarannya agar target pemerintah untuk mengurangi kasus positif virus corona tercapai pada Mei. Ia mengatakan target itu harus tercapai dengan cara apapun.

"Target kita di bulan Mei ini harus betul-betul tercapai, sesuai dengan target yang kita berikan yaitu kurvanya sudah harus turun dan masuk posisi sedang di Juni. Di Juli harus masuk posisi ringan. Dengan cara apapun," perintah Jokowi yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi melanjutkan, instruksi tersebut ia berikan bukan hanya kepada Tim Gugus Tugas penanganan COVID-19 saja, melainkan elemen bangsa lainnya.

"Jajaran pemerintahan, organisasi sosial kemasyarakatan, relawan, parpol, dan swasta. Ini harus diorkestrasi dengan baik," ucap Jokowi menambahkan.

Baca Juga: RI Diprediksi Keluar Pandemik COVID-19 Bulan September, Bukan Juli

2. Semua elemen harus fokus pada penanganan COVID-19

Jokowi Ingin Kurva Kasus COVID-19 Turun pada Mei dengan Cara Apapun!Dok. Biro Pers Kepresidenan

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar semua elemen bangsa harus fokus pada penanganan COVID-19 secepat-cepatnya. Menurut dia, negara yang akan menjadi pemenang adalah yang berhasil mengatasi COVID-19 dengan cepat.

"Untuk itu, semua menteri kepala lembaga, Panglima TNI, Kapolri, saya minta mengerahkan semua tenaga dan mengerahkan semua energi untuk kendalikan COVID dan tangani dampak yang menyertainya," kata Jokowi.

3. Jika Indonesia bersatu dan displin, maka bisa atasi COVID-19 secepat-cepatnya

Jokowi Ingin Kurva Kasus COVID-19 Turun pada Mei dengan Cara Apapun!Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi meyakini jika Indonesia bersatu dan displin, maka akan bisa lebih cepat mengatasi dan memutus rantai penyebaran virus corona.

"Saya yakin jika kita bersatu, jika kita disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, semua rencana yang sudah kita siapkan yang lalu bisa mengatasi COVID-19 secepat-cepatnya," tutur Jokowi.

Baca Juga: Pakai Masker, Jokowi Lantik Kepala BNPT dan Kepala PPATK di Istana

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya