Jokowi: Istana Akan Dibangun di Puncak Bukit di Ibu Kota Baru

Ini lahan tempat Istana Presiden dibangun di ibu kota baru

Penajam Paser Utara, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau lokasi ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12). Usai meninjau lokasi, Jokowi mengatakan, telah menyiapkan lahan seluas 256 ribu hektare untuk ibu kota baru. Namun, untuk kawasan inti disediakan 56 ribu hektare.

Jokowi juga mengatakan, telah menyiapkan lahan untuk kluster pemerintahan. Nantinya, Istana akan dibangun di puncak bukit, tempat paling tinggi di lahan tersebut.

Baca Juga: Ibu Kota Baru, Masyarakat Adat Paser Minta Perhatian Jokowi

1. Kluster pemerintahan akan dibangun terlebih dahulu

Jokowi: Istana Akan Dibangun di Puncak Bukit di Ibu Kota BaruPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa 17 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Dari lahan yang telah disediakan itu, kata Jokowi, yang akan dikerjakan terlebih dahulu adalah kluster pemerintah.  Lahan seluas 5.600 hektare sudah disiapkan untuk kawasan pemerintahan.

"Nanti kita juga berharap pararel dengan pembangunan kluster kesehatan, kluster pendidikan, riset dan inovasi, finansial center," ujar Jokowi di Bukit Sudarmono, Penajam Paser Utara.

2. Istana akan dibangun di tempat paling tinggi di atas bukit

Jokowi: Istana Akan Dibangun di Puncak Bukit di Ibu Kota BaruRombongan Presiden Jokowi meninjau lokasi ibu kota baru, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi yang habis meninjau lokasi ibu kota hingga ke puncak bukit mengatakan, nantinya lahan tersebut akan digunakan untuk kluster pemerintahan. Istana pun akan ditempatkan di puncak bukit.

"Ya kluster pemerintahan tadi tempatnya kira-kira yang kita lihat tadi di sana. Di situ, tempat paling tinggi, kemudian Istananya juga di sekitar itu, kementerian-kementerian juga di sekitar tadi kita berhenti," ungkap Jokowi.

3. Jokowi yakin para arsitek akan senang melihat medannya berada di atas bukit

Jokowi: Istana Akan Dibangun di Puncak Bukit di Ibu Kota BaruLokasi kegiatan kunjungan Jokowi ke titik nol rencana pembangunan IKN (IDN Times/ Istimewa)

Menurut Jokowi, kawasan tersebut sangat cocok dijadikan ibu kota baru. Dia juga yakin para arsitek akan merasa tertantang dan senang dengan medan yang berbelok-belok dan terletak di bukit.

"Justru ini kontur yang sangat bagus, bukan menyulitkan. Kalau arsitek atau urban planner diberi sebuah kawasan naik turun bukit pasti akan senang. Lihat saja nanti. Desainernya pasti akan senang sekali," ucap Jokowi.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Jokowi ke Kaltim 3 Hari, Pastikan Titik-titik Kantor Pemerintahan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya