Comscore Tracker

Jokowi Jadi Lead Speaker di KTT G20 Osaka, Ini 4 Topik Pilihannya

Banyak negara ingin bertemu Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, pada 28-29 Juni 2019. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Retno menyampaikan, Jokowi akan menjadi speakers dalam empat topik pada KTT G20. Kira-kira apa saja topiknya ya?

1. Jokowi akan mengisi dua sesi pada KTT G20

Jokowi Jadi Lead Speaker di KTT G20 Osaka, Ini 4 Topik PilihannyaDok. Biro Pers Setpres

Retno menyampaikan, Jokowi nantinya akan menghadiri empat sesi di KTT G20. Dan Jokowi akan menjadi lead speaker dalam topik inequality (ketidaksetaraan), education (pendidikan), infrastructur (infrastruktur), dan sustainable development goals atau disingkat dengan SDGs.

"Intinya mengenai inclusiveness and sustainable development. Kemudian Presiden juga akan bicara di sesi yang lain, yaitu yang terkait dengan digital economy," ujar Retno di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (26/6).

2. Sebanyak 16 negara meminta pertemuan bilateral dengan Indonesia di KTT G20

Jokowi Jadi Lead Speaker di KTT G20 Osaka, Ini 4 Topik PilihannyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Retno menjelaskan, tamu-tamu kepala negara di KTT G20 dibagi empat sesi, dan setiap kepala negara mendapatkan dua sesi bicara. Di dalam pertemuan tersebut, tentu akan menjadi 'jembatan' komunikasi bilateral antar negara.

"Nah, di sela-sela itu tentunya permintaan untuk (pertemuan) bilateral sangat banyak kali ini. Sudah kita terima 16 permintaan bilateral, tapi akan sesuaikan dengan waktunya," jelas Retno.

Baca Juga: Cina Tolak Bahas Masalah Hong Kong pada Pertemuan G20

3. Indonesia masih akan cocokkan waktu bertemu

Jokowi Jadi Lead Speaker di KTT G20 Osaka, Ini 4 Topik PilihannyaIstimewa

Terkait negara mana saja yang meminta pertemuan bilateral kepada Indonesia, Retno enggan memberitahu lebih jauh. Ia mengatakan, pertemuan akan dilakukan melihat waktu di KTT G20 nanti.

"Jadi aku belum bisa bilang, nanti yang pada akhirnya dapat dilakukan pertemuannya mana. Karena kita sedang mencoba mencocokkan slotnya dengan mereka," ungkap Retno.

Baca Juga: Inilah Isi Pidato Jokowi soal Peran Indonesia dalam KTT G20

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You