Jokowi: Jangan Sampai Pandemik Memperburuk Pemenuhan Hak Asasi Rakyat

Jokowi sebut pemerintah terus berusaha atasi pandemik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengingatkan jajarannya agar pandemik COVID-19 yang melanda Indonesia jangan memperburuk pemenuhan hak asasi masyarakat. Dia meminta pemerintah tetap bekerja keras mengatasi penyebaran virus corona di tanah air.

"Kita terus bekerja keras untuk menghambat penyebaran virus, mengobati yang sakit, mencegah kematian serta memberikan bantuan ekonomi bagi masyarakat tidak mampu," ujar Jokowi seperti yang disiarkan di channel YouTube Kemitraan Indonesia, Kamis (10/12/2020).

1. Jokowi minta pembangunan infrastruktur dijadikan dedikasi sebagai prasarana pemenuhan HAM

Jokowi: Jangan Sampai Pandemik Memperburuk Pemenuhan Hak Asasi RakyatPresiden Jokowi beri sambutan di acara Pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020 pada Selasa (10/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Tidak hanya soal pandemik, orang nomor satu di Indonesia itu juga meminta agar pembangunan infrastruktur dijadikan dedikasi sebagai prasarana untuk pemenuhan HAM.

"Dengan menjamin keterjangkauan hak mobilitas, hak kesehatan, hak pangan dan hak kebutuhan dasar yang merata, termasuk bahan bakar satu harga," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Masalah Kebebasan Beribadah Diselesaikan secara Damai

2. Jokowi ingin pembangunan sumber daya manusia jadi kebijakan untuk pemenuhan hak asasi

Jokowi: Jangan Sampai Pandemik Memperburuk Pemenuhan Hak Asasi RakyatPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Sumatra Utara pada Selasa (27/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, Jokowi juga ingin pembangunan sumber daya manusia menjadi salah satu kebijakan untuk pemenuhan HAM. Terutama untuk mengatasi masalah stunting.

"Demikian pula pembangunan sumber daya manusia dengan memastikan penurunan kasus stunting serta keterjangkauan pendidikan yang memadai, terutama di daerah-daerah terpencil dan pulau-pulau terluar," ujar Jokowi.

3. Jokowi minta masyarakat untuk saling menghormati hak satu sama lain

Jokowi: Jangan Sampai Pandemik Memperburuk Pemenuhan Hak Asasi RakyatPresiden Jokowi hadir di KTT ke-37 ASEAN secara virtual, di Istana Kepresidenan Bogor (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Di ujung pidatonya, Jokowi kemudian mengucapkan terima kasih kepada Komnas HAM dan para pegiat HAM yang terus aktif meningkatkan kesadaran tentang HAM. Ia pun meminta masyarakat untuk saling menghormati hak satu sama lain.

"Mari kita semuanya berperan aktif untuk menghormati hak pihak lain dan menjadi penanggung jawab atas terpenuhinya hak pihak lain. Dengan meningkatkan penghormatan perlindungan dan pemenuhan HAM, maka kita menjadi bangsa yang lebih beradab tangguh dan maju," kata pria kelahiran Solo ini.

Baca Juga: Hari HAM, Jokowi: Kami Tak Henti Tuntaskan Kasus Masa Lalu

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya