Jokowi: Jika Mudik Tak Dilarang, Kasus COVID-19 per Hari Bisa 140 Ribu

Jokowi tak ingin ada lonjakan kasus COVID-19 lagi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjelaskan kembali alasan pemerintah mengeluarkan keputusan larangan mudik Lebaran 2021. Jokowi mengatakan, larangan itu dikeluarkan pemerintah agar tidak ada lonjakan kasus COVID-19.

Menurut Jokowi, bila pemerintah tidak melarang kegiatan mudik tahun ini, maka kemungkinan lonjakan kasus virus corona bisa mencapai 140 ribu per hari.

"Kalau mudik tidak dilarang, hitung-hitungan kami bakal ada lonjakan angka menjadi 120 ribu hingga 140 ribu kasus COVID-19 per hari. Jadi memang harus kita tekan terus,” kata Jokowi seperti dikutip dari ANTARA, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: Gubernur Tak Larang Warga NTB Mudik di Tengah Pandemik COVID-19

1. Jokowi sebut pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah bagus, jangan diganggu COVID-19 lagi

Jokowi: Jika Mudik Tak Dilarang, Kasus COVID-19 per Hari Bisa 140 RibuIlustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Jokowi menegaskan, larangan mudik penting demi mencegah lonjakan kasus seperti yang terjadi pada Januari-Februari 2021 lalu. Belajar dari pengalaman sebelumnya, lanjut dia, peningkatan mobilitas masyarakat di masa libur telah menyebabkan terjadinya peningkatan angka kasus harian COVID-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mencatat, pada libur Idul Fitri 22-25 Mei tahun lalu, rata-rata kasus positif naik sebesar 68 hingga 93 persen. Kemudian masa libur Tahun Baru Islam pada 20-23 Agustus 2020, rata-rata kasus positif naik sebesar 58-119 persen.

Sementara pada libur memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 Oktober-1 November 2020, juga telah meningkatkan angkanya sebesar 37-95 persen.

“Pertumbuhan ekonomi kita sudah bagus, jangan diganggu COVID-19 lagi," ucap Jokowi.

2. Masih ada 17 juta orang yang ingin mudik Lebaran

Jokowi: Jika Mudik Tak Dilarang, Kasus COVID-19 per Hari Bisa 140 RibuPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jokowi mengatakan, larangan mudik harus disampaikan terus-menerus. Sebab, menurut dia, masih ada 11 persen atau 17 juta orang yang ingin mudik.

“Ini (larangan mudik) diperlukan karena menurut survei yang kita lakukan, ada 11 persen masyarakat yang masih berkeinginan untuk mudik tahun ini," jelas Presiden.

3. Jokowi sebut PPKM mikro jadi kunci pengendalian COVID-19

Jokowi: Jika Mudik Tak Dilarang, Kasus COVID-19 per Hari Bisa 140 RibuIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Menyoal penambahan kasus harian COVID-19 di Indonesia, Jokowi menuturkan, angkanya sudah ada di kisaran 4.000 hingga 5.000. Angka tersebut sudah jauh menurun bila dibandingkan pada Januari-Februari lalu yang masih di atas 10 ribuan.

“Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro masih menjadi kunci pengendalian COVID-19," ungkap Jokowi.

Oleh sebab itu, dia berharap kondisi ini dapat dijaga dan ditingkatkan terus sehingga pertumbuhan ekonomi bisa terus bergerak ke arah positif.

Baca Juga: Ribut-Ribut Vaksin Nusantara, Jokowi: Masa Politikus Ngurusin Vaksin

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya