Comscore Tracker

Jokowi ke Pemda: Jika Ada yang Kena COVID-19, Langsung Isolasi!

Jokowi ingin 3T di lapangan diperkuat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta pemerintah daerah (pemda) terus meningkatkan 3T, yakni testing, tracing dan treatment. Ia menegaskan langkah 3T harus dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona.

Jokowi pun meminta, apabila ada masyarakat yang terkena COVID-19, pemda harus segera mengisolasinya agar tidak menyebar luas.

"Tes, lacak, kemudian isolasi ini penting. Kalau ditemukan yang terinfeksi virus, langsung diisolasi, siapkan isolasi terpusat, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, BNPB, TNI, dan Polri," kata Jokowi saat memberi sambutan di Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Istana Negara, seperti disiarkan channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (11/2/2021).

Baca Juga: Jokowi: Pemda Jangan Cuma Imbau Pakai Masker, Bagikan Juga

1. Jokowi ingin 3T di lapangan diperkuat

Jokowi ke Pemda: Jika Ada yang Kena COVID-19, Langsung Isolasi!Ilustrasi ruang isolasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Jokowi mengaku selalu mengingatkan tentang perbaikan dan memperkuat 3T dalam menangani pandemik COVID-19. Dalam hal ini, mantan Wali Kota Solo tersebut menekankan pelaksanaan di lapangan menjadi yang terpenting.

"Ini sudah dua minggu saya tekankan terus masalah ini, tetapi yang paling penting ada pelaksanaan di lapangan, pelaksanaan di lapangan yang paling penting itu," ujar Jokowi.

2. Jokowi minta masalah obat hingga tempat tidur di rumah sakit diperhatikan dengan baik

Jokowi ke Pemda: Jika Ada yang Kena COVID-19, Langsung Isolasi!IDN Times/Khaerul Anwar

Selain itu, ia mengatakan ada beberapa hal lain dalam penanganan COVID-19 yang harus mendapatkan perhatian serius. Seperti masalah ketersediaan obat-obatan hingga tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19.

"Dari sisi penyediaan obat-obatan, penyediaan bed rumah sakit, kesiapsiagaan tenaga medis, harus selalu dicek, selalu dimonitor, dan jangan ragu kalau memang dirasa kurang, jangan ragu untuk meminta bantuan dari pemerintah pusat, TNI maupun Polri," ucapnya.

3. Pemda diminta bagikan masker untuk masyarakat

Jokowi ke Pemda: Jika Ada yang Kena COVID-19, Langsung Isolasi!Pedagang menata masker karakter wajah berbahan kain di Solo, Jawa Tengah, Senin (8/6/2020) (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Jokowi juga meminta pemerintah daerah untuk lebih menggencarkan sosialisasi 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Ia memerintahkan pemda tidak hanya menyuruh masyarakat untuk menggunakan masker, tetapi juga membagikannya.

"Jangan hanya juga menyuruh pakai masker pada masyarakat, pakai masker, pakai masker, tapi harus sekarang saya tambah perintahnya juga harus bagi masker," kata Jokowi.

Jokowi menilai masih banyak masyarakat yang tidak mampu membeli masker. Dengan adanya pembagian masker, ke depan tidak ada lagi alasan masyarakat tak menggunakan masker.

"Karena banyak rakyat kadang juga tidak mampu untuk beli masker, selain menyuruh pakai masker, mengimbau pakai masker, tapi juga bagi masker," ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi: Jangan Sampai Kota Lockdown karena Satu COVID-19 di Sebuah RT 

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya