Comscore Tracker

Jokowi: Keselamatan 53 Kru KRI Nanggala-402 Jadi Prioritas Utama!

Pemerintah terus berupaya maksimal dalam pencarian

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memerintahkan jajarannya memprioritaskan keselamatan 53 kru kapal selam milik TNI Angkatan Laut (AL) KRI Nanggala-402. Ia menyampaikan pemerintah akan upayakan yang terbaik untuk menemukan kapal selam tersebut.

"Prioritas utama adalah keselamatan 53 awak kapal," tegas Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (22/4/2021).

1. Ini perintah Jokowi ke Panglima TNI dan KSAL

Jokowi: Keselamatan 53 Kru KRI Nanggala-402 Jadi Prioritas Utama!Panglima AL Singapura diberangkatkan untuk membantu pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang diperairan Bali pada Kamis (22/4/2021) (facebook.com/Singapore Embbasy in Jakarta)

Baca Juga: Detik-Detik KRI Nanggala-402 Hilang Kontak

Jokowi telah memerintahkam Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono untuk melakukan pencarian secara maksimal. Ia juga meminta instansi terkait lainnya untuk membantu pencarian.

"Saya juga telah memerintahkan panglima TNI, KSAL, dan Basarnas bersama-sama dengan instansi terkait lainnya untuk mengerahkan upaya seoptimal mungkin, melakukan upaya pencarian dan penyelamatan," tutur Jokowi.

2. Pemerintah akan berupaya terbaik dalam pencarian KRI Nanggala-402

Jokowi: Keselamatan 53 Kru KRI Nanggala-402 Jadi Prioritas Utama!Personel penerbang TNI AL menyiapkan Helikopter Bell (HU-4206) yang akan mengangkut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menuju KRI Dr Soeharso di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (22/4/2021). Panglima TNI bertolak menuju KRI Dr Soeharso untuk memantau langsung operasi pencarian KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di perairan utara Bali sejak Rabu (21/4) kemarin. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku memahami perasaan keluarga dari awak kapal. Dia meyakinkan bahwa pemerintah akan berupaya keras dalam pencarian KRI Nanggala-402.

"Tapi sekali lagi, pemerintah telah dan akan terus mengupayakan yang terbaik dalam pencarian dan penyelamatan seluruh awak yang ada di dalam kapal selam tersebut," terang dia.

3. Jokowi doakan agar seluruh awak kapal bisa selamat

Jokowi: Keselamatan 53 Kru KRI Nanggala-402 Jadi Prioritas Utama!Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Terakhir, Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan agar pencarian kapal selam bisa berjalan dengan lancar.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan agar upaya pencarian dan penyelamatan ini dilancarkan. Diberikan kemudahan untuk menemukan kembali KRI Nanggala-402 dan seluruh awaknya dalam keadaan selamat," doa Jokowi.

Baca Juga: KRI Nanggala-402 Hilang, DPR: Perawatan Alutsista Perlu Dievaluasi

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya