Jokowi Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Luwu Utara

Presiden Jokowi semula dijadwalkan kunker ke Sulsel

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengirimkan sejumlah bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara. Bantuan sembako itu diserahkan langsung oleh tim dari Sekretariat Presiden bersama Paspampres di posko penanganan darurat bencana alam, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, pada Rabu (22/7/2020).

Dikutip dari Sekretariat Presiden, bantuan sembako presiden sebanyak 3.000 paket itu secara secara simbolis diserahkan kepada Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.

1. 10 ribu bantuan sembako sudah dikirim ke Luwu Utara

Jokowi Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Luwu UtaraBantuan Presiden Jokowi di Luwu Utara (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Selain paket sembako, Sekretariat Presiden juga menyerahkan 900 paket bantuan yang terdiri atas selimut, sarung, susu balita, handuk dewasa, dan popok balita.

"Secara keseluruhan, bantuan sembako yang dikirimkan berjumlah 10.000 paket. Tiap paket bantuan sembako terdiri atas beras sebanyak 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, gula 1 kilogram, dan teh celup 1 kotak," tulis Sekretariat Presiden dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Gugus Tugas COVID-19 Dibubarkan Jokowi, Apa Nih Jawaban dari Istana?

2. Jokowi minta Menteri PUPR untuk segera pulihkan Luwu Utara

Jokowi Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Luwu UtaraBantuan Presiden Jokowi di Luwu Utara (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Jokowi memerintahkan jajarannya segera turun ke Kecamatan Masamba di Kabupaten Luwu Utara yang porak poranda diterjang banjir bandang pada Senin (13/7/2020). Jokowi daerah tersebut secepatnya dipulihkan.

"Di tengah upaya kita menangani pandemi COVID-19, bencana lain menimpa saudara-saudara kita di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan," kata Jokowi dalam unggahan di akun Instagram-nya, @jokowi pada Jumat 17 Juli 2020.

Jokowi mengatakan dirinya telah memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk turun langsung ke Luwu Utara. Tak hanya itu, TNI-Polri juga diminta untuk turun oleh Jokowi.

"Saya telah memerintahkan Menteri PUPR segera turun ke Luwu Utara bekerja sama dengan Pemerintah Sulawesi Selatan, TNI, Polri, Basarnas dan BPBD setempat, melakukan upaya penanganan darurat, dan segera memulihkan kondisi Masamba," tulis Jokowi.

3. Jokowi ucapkan bela sungkawa untuk Luwu Utara

Jokowi Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Luwu UtaraJokowi dalam Rapat Terbatas yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (21/7/2020) (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi lalu menceritakan tentang banjir bandang yang terjadi Luwu Utara. Akibat banjir tersebut, pusat Kabupaten Luwu Utara menjadi lumpuh.

"Curah hujan tinggi pada hari Senin 13 Juli lalu, telah membawa banjir bandang dari hulu sungai ke Kecamatan Masamba, yang membuat sebagian kawasan kota di kecamatan itu tertutup lumpur pasir, menimbulkan kerusakan rumah-rumah dan bangunan publik," tuturnya.

Terkait bencana banjir bandang yang menerjang Luwu Utara, Jokowi pun mengungkapkan rasa bela sungkawanya. Terutama kepada para kerabat korban jiwa dari banjir bandang itu.

"Saya menyampaikan dukacita yang dalam atas jatuhnya korban jiwa dalam bencana ini, dan kepada keluarga-keluarga yang ditinggalkan, kiranya diberi-Nya kesabaran dan kekuatan," ucap Jokowi.

 

Baca Juga: Jadi Presiden 2 Periode, Segini Harta Kekayaan Jokowi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya