Jokowi Komentari Slogan Prabowo "Make Indonesia Great Again"

Benarkah Prabowo ikuti Donald Trump?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berkomentar tentang slogan yang dilontarkan oleh calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto. Prabowo sempat mengeluarkan slogan yang hampir sama dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yaitu Make Indonesia Great Again

Dalam program Wawancara Khusus 4 Tahun Jokowi-Jk bersama Presiden Jokowi di Metro TV yang dipandu oleh Don Bosco Selamun, Jokowi pun mengatakan tidak masalah dengan tagline apapun yang digunakan oleh kompetitor. Asalkan tagline tersebut tidak menimbulkan pesimisme di kalangan masyarakat.

1. Tagline apapun yang positif, Jokowi tidak masalah

Jokowi Komentari Slogan Prabowo Make Indonesia Great AgainIDN Times/Afriani Susanti

Jokowi mengatakan, tidak masalah menggunakan tagline apapun dalam berkampanye. Yang terpenting baginya adalah tagline tersebut bisa membawa bangsa semakin optimis dengan masa depan.

"Menurut saya yang paling penting bagaimana kita membawa bangsa ini optimis menatap masa depan, bagaimana membawa bangsa ini memilki harapan yang tinggi dengan tagline apapun," ujar Jokowi.

Baca Juga: Survei Internal Sebut Selisih Suara Prabowo-Jokowi Cuma 6 Persen

2. Tahun politik jangan sampai membawa pesimisme untuk rakyat

Jokowi Komentari Slogan Prabowo Make Indonesia Great AgainANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Ia pun mengingatkan, jangan sampai memasuki tahun politik ini justru membawa bangsa ke sebuah pesimisme. Menurutnya, Indonesia adalah bangsa yang besar, sehingga harus terus diberikan pernyataan-pernyataan yang positif.

"Jangan sampai membawa bangsa ini ke sebuah kekhawatiran dan pesimisme karena kita bangsa besar," ucapnya.

3. Prabowo: Make Indonesia Great Again

Jokowi Komentari Slogan Prabowo Make Indonesia Great AgainIDN Times/Irfan Fathurochman

Sebelumnya, dalam sambutannya di Rakernas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (Rakernas LDII), ia sempat mengucapkan slogan "Make Indonesia Great Again". Seperti yang diketahui, slogan tersebut juga pernah diucapkan oleh Trump yaitu "Make America Great Again".

"Kenapa kok bangsa Indonesia tidak berani mengatakan bagi bangsa Indonesia: 'Indonesia First', 'Make Indonesia Great Again'," kata Prabowo dalam sambutannya, Kamis (11/10).

4. Hashim bantah Prabowo ikuti slogan Donald Trump

Jokowi Komentari Slogan Prabowo Make Indonesia Great Again(Hashim Djojohadikusumo dan La Nyalla) Instagram/@lanyallamm1

Dalam sebuah kesempatan, Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto‑Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo membantah slogan 'make Indonesia great again' berkaitan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. 

"Sebagian dari kalian pasti tahu Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit yang pernah membawa kejayaan di wilayah yang kini menjadi bagian Indonesia, Prabowo‑Sandi ingin mengembalikan kejayaan itu melalui slogan make Indonesia great again. Jadi tak ada kaitannya dengan Donald Trump," jelas Hashim. 

Hashim Djojohadikusumo juga menjelaskan untuk mewujudkan slogan itu, Prabowo berjanji menyelesaikan masalah‑masalah yang menerpa bangsa Indonesia, di antaranya pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. 

Hashim Djojohadikusumo yakin benar pada maksud Prabowo menyampaikan slogan itu.

Baca Juga: Jokowi Masuk dalam Deretan 50 Muslim Berpengaruh, Ini Kata TKN

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya