Jokowi Lantik Arief Prasetyo Adi Jadi Kepala Badan Pangan Nasional

Arief sebut Badan Pangan Nasional siap kolaborasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo melantik Arief Prasetyo Adi sebagai kepala Badan Pangan Nasional di Istana Negara, Senin (21/2/2022). Pelantikan ini dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan Andi Widjajanto sebagai gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Pelantikan yang digelar sejak pukul 11.30 WIB ini digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Tamu undangan wajib mengenakan masker dan dengan jumlah terbatas.

Baca Juga: Cara Daftar Mitra Warung Pangan, Bisa Punya Akses Mudah Beli Sembako!

1. Pelantikan kepala Badan Pangan Nasional dipimpin langsung Jokowi

Jokowi Lantik Arief Prasetyo Adi Jadi Kepala Badan Pangan NasionalPresiden Jokowi melantik Gubernur Lemhannas RI dan Kepala Badan Pangan Nasional pada Senin (21/2/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pelantikan Arief sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 7/M/2022, tentang Pengangkatan Kepala Badan Pangan Nasional.

Dengan mengenakan setelan jas warna abu-abu dan masker cokelat, serta dasi biru tua, Jokowi tampak berdiri tegap dan siap memimpin jalannya pelantikan serta sumpah jabatan kepala daerah.

Jokowi mulai memimpin jalannya sumpah jabatan dengan membacakan sumpah jabatan kalimat per kalimat, yang diikuti Arief.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Jokowi, yang diikuti Arief.

2. Badan Pangan Nasional akan lakukan kolaborasi dengan kementerian/lembaga hingga stakeholder pangan

Jokowi Lantik Arief Prasetyo Adi Jadi Kepala Badan Pangan NasionalArief Prasetyo Adi (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Usai dilantik sebagai Kepala Badan Pangan Nasional, Arief mengucapkan terima kasih atas amanat yang diberikan Presiden Jokowi padanya. Ia mengatakan, ke depan Badan Pangan Nasional akan bersinergi dengan kementerian/lembaga, serta stakeholder pangan.

“Juga kita akan melibatkan beberapa pihak seperti kementerian/lembaga terkait, Kementerian BUMN, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kemenko Perekonomian, dan seluruh stakeholder pangan lainnya, asosiasi peternak, nelayan, petani, kemudian kita akan sinergikan bersama-sama,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Minta Ada Kesepakatan Global untuk Tekan Harga Pangan

3. Arief sebut tujuan tidak akan berhasil jika hanya dikerjakan Badan Pangan Nasional

Jokowi Lantik Arief Prasetyo Adi Jadi Kepala Badan Pangan NasionalArief Prasetyo Adi (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Menurut Arief, kolaborasi sangat dibutuhkan Badan Pangan Nasional. saat ini. Sebab, kata dia, tujuan tidak akan berhasil jika hanya dikerjakan Badan Pangan Nasional sendiri.

“Tujuan mulia ini tidak akan bisa berhasil bila hanya dikerjakan oleh Badan Pagan Nasional saja sehingga hari ini mari kita bersatu untuk kemajuan masyarakat Indonesia,” tutur Arief.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya