Jokowi Lantik Fadjroel hingga Rosan Roeslani Jadi Dubes RI

Fadjroel akan menjadi duta besar Kazakhstan dan Tajikistan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik 17 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (25/10/2021). Dalam pelantikan hari ini, nama Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, hingga Rosan Roeslani telah resmi dilantik sebagai duta besar.

Berdasarkan Surat Presiden RI Nomor R-25/Pres/06/2021 tertanggal 4 Juni 2021, Fadjroel akan ditugaskan menjadi duta besar di Kazakhstan dan Tajikistan. Sementara, Rosan Roeslani akan ditugaskan sebagai duta besar Indonesia di Amerika Serikat, yang kantornya bertempat di Washington D.C.

1. Jokowi memimpin pelantikan secara langsung

Jokowi Lantik Fadjroel hingga Rosan Roeslani Jadi Dubes RIPresiden Jokowi melantik Kepala PPATK, Ivan Yustiavananda, di Istana Negara pada Senin (25/10/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pelantikan hari ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 127/P/2021 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Dengan mengenakan setelan jas warna biru tua dan masker hitam, serta dasi merah, Jokowi tampak berdiri tegap dan siap memimpin jalannya pelantikan serta sumpah jabatan para dubes RI tersebut.

Baca Juga: Jubir Jokowi Fadjroel Rachman Akan Dilantik Jadi Dubes Hari Ini

2. Para Duta Besar RI mengucap sumpah jabatan

Jokowi Lantik Fadjroel hingga Rosan Roeslani Jadi Dubes RIPresiden Jokowi melantik Duta Besar RI di Istana Negara pada Senin (25/10/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi pun mulai memimpin jalannya sumpah jabatan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu membacakan sumpah jabatan kalimat per kalimat yang diikuti oleh para dubes RI.

"Demi Allah saya bersumpah, Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar LBBP akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segara peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi secara perlahan sembari diikuti para dubes RI.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melaksanakan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjul yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setiap segala kewajiban yang ditanggungkan kepada saya sebagai Duta Besar LBBP," ucap mereka mengikuti Jokowi.

3. Nama 17 duta besar yang dilantik Jokowi

Jokowi Lantik Fadjroel hingga Rosan Roeslani Jadi Dubes RIPresiden Jokowi melantik Duta Besar RI di Istana Negara pada Senin (25/10/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam pelantikan hari ini, adapun nama 17 Duta Besar LBBP yang dilantik Jokowi yakni:

1. M Fadjroel Rahman (Kazakhstan merangkap Tajikistan)
2. Abdul Azis Ahmad (Kerajaan Saudi)
3. Dewi Gustina Tobing (Republik Sosialis Demokratik Srilanka merangka Republik Maladewa)
4. Bebeb A.K. Djudndjunan (Republik Yunani)
5. Lena Maryana Mukti (Kuwait)
6. Pribadi Sutiono (Republik Slowakia)
7. Muhammad Najib (Kerajaan Spanyol merangkap Organisasi Pariwisata dunia PBB)
8. Ardi Hermawan (Bahrain)
9. Ade Patmo Sarwono (Yordania merangkap Palestina)
10. Mohammad Oemar (Republik Prancis merangkap Kepangeranan Andora, Kerhariapatihan Monako dan Organisasi Ilmu pengetahuan dan kebudayaan PBB)
11. Tatang Budi Utama Razak (Republik Kolombia merangkap Atigua dan Bargoda Barbados dan Federasi Sinkis dan Nevis)
12. Derry M.I. Amman (Perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara)
13. Armananta Nasir (Perserikatan Bangsa-bangsa Organisasi Internasional lainnya di New York dan Organisasi Internasional lainnya di New York dan Organisasi Sibet authority)
14. Febrian A. Ruddyard (Perserikatan PBB, organisasi perdagangan dunia dan organisasi internasional lainnya)
15. Siswo Pramoni (Persemakmuran Australia merangkap Republik Vanuatu)
16. Okto Dorinus Manik (Republik Demokratik Timor Leste)
17. Rosan P Roeslani (Amerika Serikat)

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya