Comscore Tracker

Jokowi Lantik Rektor UIN Sunan Kalijaga Jadi Kepala BPIP Sore Ini

Pelantikan digelar di Istana Negara pukul 15.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melantik Yudian Wahyudi sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang baru. Pelantikan Yudian akan digelar di Istana Negara, Rabu (5/2).

Pelantikan akan dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB, setelah Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerjanya di Bengkulu.

1. Yudian dianggap tepat memimpin BPIP

Jokowi Lantik Rektor UIN Sunan Kalijaga Jadi Kepala BPIP Sore IniJuru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 13 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman mengatakan bahwa terpilihnya Yudian dirasa tepat karena dianggap pantas memimpin BPIP.

"Fungsi BPIP pembinaan ideologi Pancasila, yang bersangkutan dianggap sangat pantas memimpin lembaga tersebut dalam membina Pancasila," ujar Fadjroel di Kompleks Istana Negara.

Baca Juga: Stafsus BPIP: Perlu Menggerakkan Pasukan Militer untuk Lindungi Natuna

2. Yudian menggantikan kepala BPIP Yudi Latief

Jokowi Lantik Rektor UIN Sunan Kalijaga Jadi Kepala BPIP Sore IniIDN Times/Daruwaskita

Yudian akan menjadi kepala BPIP menggantikan Pelaksana Tugas (Plt) kepala BPIP Hariyono. Hariyono menjabat Plt Kepala BPIP usai Yudi Latief mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Yudi mengundurkan diri dengan menyampaikan langsung pengunduran dirinya di laman Facebook pribadinya.

3. Yudian akan berkoordinasi dengan Megawati

Jokowi Lantik Rektor UIN Sunan Kalijaga Jadi Kepala BPIP Sore IniKetua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Yudian saat ini menjabat sebagai rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yudian nantinya akan menjalankan tugas sehari-sehari lembaga tersebut dan akan berkoordinasi dengan Dewan Pengarah BPIP yang diketuai Presiden kelima RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Jokowi: Masyarakat Tenang Saja, Jangan Panik dengan Virus Corona!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya